Sab 22 Muharram 1441 H, 21 September 2019
Home / Sains & Teknologi / Ternyata ada rahasia di balik lukisan Pablo Picasso

Ternyata ada rahasia di balik lukisan Pablo Picasso

Di balik lukisan karya Pablo Picasso “Crounching Woman” ternyata ada lukisan lain, yakni pemandangan pedesaan di Catalan, Spanyol. (Kredit: BBC)

Austin (RiauNews.com) – Periset di Amerika Serikat baru-baru ini telah menggunakan teknik pemindaian baru untuk menemukan sebuah lukisan di bawah salah satu karya seni Pablo Picasso yang hebat, Crouching Woman (La Misereuse Accroupie) atau Wanita Jongkok.

Di bawah lukisan cat minyak ini ternyata ada pemandangan Barcelona yang dijadikan basis karya Picasso.

Sistem ini menggunakan fluoresensi x-ray dan diklaim lebih murah daripada sistem pemindaian seni lainnya, serta portabel, membuatnya bisa tersedia untuk galeri yang menginginkannya.



Rahasia di balik lukisan Picasso ini diungkapkan pada pertemuan tahunan Asosiasi untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan Amerika di Austin, Texas.

Crouching Woman sendiri adalah lukisan dari periode biru Picasso.

Yang luar biasa adalah bahwa lukisan pemandangan di bawah –mungkin dibuat oleh mahasiswa seniman– berubah 90 derajat. Garis besar perbukitan pedesaan Katalan di latar belakang menjadi punggung wanita yang berjongkok.

Kenneth Brummel, seorang kurator di Art Gallery of Ontario di Toronto, mengatakan bahwa dia antusias saat pertama kali mengetahui apa yang ada di balik lukisan Crouching Woman.

“Ini membantu untuk mengetahui kapan dan dimana lukisan itu dibuat,” katanya yang dilansir laman BBC.

Francesca Casadio, dari Center for Scientific Studies in the Arts di Chicago, yang termasuk di antara mereka yang memimpin proyek ini, berharap bahwa penggunaan scanner secara luas akan meningkatkan pemahaman kita tentang seniman, proses berpikir mereka dan cara mereka bekerja.

“Banyak lagi lukisan yang menunggu untuk menceritakan rahasia mereka dan dengan sistem pemindaian kami, kami dapat membantu mereka ‘berbicara’ dengan kami lebih banyak lagi,” katanya.

Saat ini pemindaian hanya untuk karya seni terbesar – dan untuk galeri terkenal.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: