Home / Hukum & Kriminal / Sudah disita namun hasil kebun sawit milik aseng tidak dinikmati negara

Sudah disita namun hasil kebun sawit milik aseng tidak dinikmati negara

Petani mengangkut buah kelapa sawit yang baru dipanen untuk dijual ke perusahaan.

PEKANBARU (RiauNews.com)-Kebun sawit milik Ir Siswaja Mulyadi alias Aseng, telah disita oleh negara karena kebun tersebut berdiri di kawasan hutan milik negara dan awalnya dikuasai Aseng tanpa izin.

Meskipun begitu hingga saat ini belum sepeserpun hasil kebun sawit tersebut masuk dalam kas negara. Padahal lahan beserta sawit diatasnya sudah dieksekusi dan sudah memiliki putusan berkekuatan hukum tetap (inkrah) oleh Mahkamah Agung (MA).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldi yang dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Penegakan Hukum (Gakkum) Agus Suryoko,SH MH Kamis (4/4/2019).

“Sekarang masih ada upaya hukum dari pihak Aseng dan kami juga sedang koordinasi ke Kementerian LHK,” kata Agus.

Dengan kata lain hasil kebun seluas 453 hektar dengan hasil hampir mencapai Rp1 miliar setiap bulan tersebut diduga masih dinikmati pemilik lahan.

Pihal DLHK Provinsi Riau mengaku masih menunggu jawaban dari Kementerian namun alangkah disayangkan jika dibiarkan hasil panen mengalir bukan ke kas negara terlepas masih ada upaya hukum yang dilakukan.

“Kami masih nunggu jawaban dari kementerian karena itulah kita koordinasi ke kementerian, biar jelas bagaimana tatakelolanya,” ujar Agus.

Bahkan ditengah masyarakat beredar keinginan agar lahan dan kebun milik Aseng yang saat ini masih aktif sebagai anggota DPRD Riau, dikelola oleh Pemda Rohil mengingat lahan dan kebun berada di wilayah Kabupaten Rohil.

Aseng menguasai lahan seluas 453 hektar tersebut secara ilegal. Ia membuka kawasan hutan dan menanamnya dengan kelapa sawit. Atas perbuatannya tersebut Aseng dijatuhi hukuman satu tahun penjara dan denda Rp1 miliar oleh Mahkamah Agung RI, Aseng yang saat itu menjabat anggota DPRD Riau menjalani hukuman dan membayar denda. Hebatnya Aseng diapun tidak dipecat dari anggota DPRD Riau hingga saat ini. ***

Pewarta: Tien

Komentar
%d blogger menyukai ini: