26 September 2018
Home / Spesial Riau / Kampar / Pucuk Adat Minta Temuan Situs Baru di Komplek Candi Muara Takus Terus Diekskavasi

Pucuk Adat Minta Temuan Situs Baru di Komplek Candi Muara Takus Terus Diekskavasi

Situs baru yang diekskavasi oleh BPCB. ISTIMEWA

XIII Kotokampar (RiauNews.com)- Niniok Datuok Ghajo Dubalai Nasrul, saat didampingi Manglin Puti Bungsu dan Amirullah selaku ketua Yayasan Matankari Riau milik keluarga besar Siompu Niniok Datuok Ghajo Dubalai mengajak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) bersama-sama ungkap temuan situs baru di dalam kawasan Muaratakus.

Niniok Nasrul selaku pucuk adat Soko, Pisoko jo Limbago kedatuan Muotakui meminta BPCB Batusangkar melanjutkan ekskavasi. “Ya kita sangat mendukung ekskavasi yg dilakukan pihak BPCB terhadap temuan situs baru di kawasan adat Andiko 44 ini.” ujar Niniok Nasrul.



Selain itu pucuk adat Andiko 44 itu juga menghimbau masyarakat adat Kedatuan Muotakui agar bersama-sama bahu membahu kedepan menyokong program pemerintah yang sudah melakukan perhatian serius terhadap adat dan kebudayaan diwilayah adat Andiko 44 ini.” ujarnya.

Niniok Nasrul juga mendukung agar pemerintah provinsi dan kabupaten sesegera mungkin membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Cagar Budaya.

“Kita sangat berharap Perda cagar budaya segera terwujud. Ini yang kita tunggu. Agar upaya rehab dan renovasi serta ekspasi terhadap situs yang ada dan yang akan ada dapat dilakukan tindakan yang di dukung aturan. Kemudian tentunya pembebasan lahan dalam kawasan tanggul tanah dan lebih luas lagi bisa diatasi.” harap pucuk Adat yg bersuku Domo itu.

Hal senada juga dikatakan Amirullah selaku ketua Yayasan Matankari Riau. Apa yang diharapkan oleh pucuk ada tersebut mendapat respon dari pemerintah

“Kita berharap ini segera di respon pemerintah , karena ini sudah sangat mendesak,”imbuhnya. ***(Tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: