Senin, 20 Januari 2020
Home / Spesial Riau / Indragiri Hulu / Pertama di Riau, Kemenkominfo RI Gelar seminar Nasional dan Lokakarya di Inhu

Pertama di Riau, Kemenkominfo RI Gelar seminar Nasional dan Lokakarya di Inhu

Suasana seminar nasional Kemenkominfo RI, di Pematang Reba, Inhu. (Foto: Istimewa)

 

PEMATANGREBA ( RiauNews.com)-Untuk mengawal kemajuan teknologi yang makin pesat, Kemenkominfo RI melalui Siberkreasi bekerja sama dengan Diskominfo Inhu menggelar seminar nasional dan loka karya pandu digital di Auditorium H Yopi Arianto Lantai IV Kantor Bupati Inhu, Kamis (24/10/2019).



Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE yang diwakili oleh Asisten III, Dra Hj. Herlina Wangyuningsih. Turut hadir, Kepala Diskominfo Inhu Jawalter S, M.Pd, Kasatpol PP Inhu H. Boby Rachmat S.STP, M.Si, Sekretaris Diskominfo Inhu Roma Doris SS, MPS, M.Eng, Kasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Muhammad Alfian S.IP, dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Inhu.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 192 orang yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, Relawan TIK Inhu, perwakilan OKP, Ormas, dan Organisasi Profesi se Inhu, serta para pegiat media sosial dan youtuber.

Bupati Inhu H. Yopi Arianto SE yang diwakili oleh Asisten III Dra Hj Herlina menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo RI atas terpilihnya kabupaten Inhu sebagai kabupaten pertama di provinsi Riau yang menjadi lokasi Seminar Nasional dan Loka Karya Pandu Digital.

“Di Indonesia saat ini tengah memasuki era informasi dimana seluruh aspek kehidupan tak terlepas dari penggunaan informasi, sehingga pemanfaatan serta pengelolaan teknologi dibidang informasi dan komunikasi yang baik sangat diperlukan terlebih dalam menghadapi era industri 4.0,” ujarnya.

Dengan diadakannya pandu digital ini diharapkan dapat meningkatkan literasi teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Inhu, terutama dalam upaya memerangi penyebaran informasi hoaks yang marak ditemukan di media sosial.

“Kami meminta kepada masyarakat Kabupaten Inhu untuk selalu waspada dan bijak dalam menerima konten dan berita yang memuat informasi hoaks atau kebohongan,” ajak Herlina.

Mantan Kabag Pemdes Setdakab Inhu ini juga berharap melalui pandu digital masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menunjang tingkat perekonomian desa seperti pemberdayaan UMKM juga dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi digital di era industri 4.0.

Seteleh acara pembukaan dilanjutkan dengan seminar nasional dan lokakarya pandu digital, dengan moderator Roma Doris (Sekretaris Diskominfo Inhu). Sedangkan Narasumber terdiri dari, Arry B. Wibowo (Siberkreasi), Annisa Junaidi (Co Faounder Oase Academy), H. Boby Rachmat (Ketua Karang Taruna Inhu), Ndan Masbon (Kreator Nongkrong), dan Moh Rouf Azizi (Ketua RTIK Inhu).***(rls)

%d blogger menyukai ini: