Sab 22 Muharram 1441 H, 21 September 2019
Home / Spesial Riau / Kepulauan Meranti / Perang Air di Selatpanjang makin seru dengan adanya terowongan air

Perang Air di Selatpanjang makin seru dengan adanya terowongan air

Kemeriahan perang air di Selatpanjang. (Kredit: Antara)

Selatpanjang (RiauNews.com) – Festival tahunan di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, yang diadakan guna memeriahkan tahun baru Imlek, pada 2018 ini makin seru dengan adanya ‘terowongan air’. Atraksi baru ini sengaja dibangun oleh Pemkab setempat di Jalan Ahmad Yani yang merupakan rute perang air.

Diwartakan oleh Antara, terowongan dibuat dengan menggunakan pipa paralon sepanjang 30 meter di kiri-kanan jalan. Air yang “ditembakan” dari pipa-pipa tersebut terlontar cukup tinggi sehingga terlihat seperti terowongan. Setiap orang yang melaluinya pasti basah.



Sementara sumber air berasal dari delapan tangki penampung berkapasitas masing-masing sekitar 4.000 liter.

Pemkab Meranti, menargetkan bisa mendatangkan sedikitnya 21 ribu wisatawan nusantara dan mancanegara pada Festival Perang Air tahun ini.

“Kita menargetkan ada 21 ribu wisatawan yang bisa hadir, baik itu wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Ketua Festival Perang Air 2018, Uyung Permadi Salis.

Tradisi perang air itu berlangsung setiap sore hari selama enam hari sejak Imlek, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 16 Februari 2018. Namun puncak perayaan akan berlangsung pada 19 hingga 21 Februari mendatang.

Sementara untuk rute perang air melalui Jalan A. Yani, Tebing Tinggi, Diponegoro, Kartini dan Imam Bonjol. Acara ini berlangsung setiap sore hari sejak pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Untuk menjaga kebersihan, peserta perang air dilarang menggunakan air dengan kemasan plastik karena menimbulkan sampah di jalan.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: