Home / News / Sains & Teknologi / Peneliti temukan cara membuat kayu super sekuat baja

Peneliti temukan cara membuat kayu super sekuat baja

Liangbing Hu (kiri) dan Teng Li, memperlihatkan kayu super yang bisa sekuat baja, namun ringan. (Kredit: Science Daily)

Washinton DC (RiauNews.com) – Para peneliti di Universitas Maryland, College Park (UMD), Amerika Serikat, telah menemukan cara untuk membuat kayu lebih dari 10 kali lebih kuat dan lebih keras dari sebelumnya, menciptakan zat alami yang lebih kuat daripada paduan titanium.

“Ini merupakan cara baru untuk merawat kayu yang membuatnya 12 kali lebih kuat dari kayu alami dan 10 kali lebih keras,” kata Liangbing Hu dari UMD A. James Clark School of Engineering, sekaligus pemimpin tim yang melakukan penelitian tersebut, sebagaimana dilansir Scince Daily.

Dalam jurnal Nature yang dipublikasikan pada 8 Februari 2018 Hu menyebutkan kayu suer ini bisa menjadi pesaing baja atau bahkan paduan titanium.



“Ini menjadikan kayu sangat kuat dan tahan lama, sebanding dengan serat karbon, tapi harganya jauh lebih murah,” ujar Hu yang juga merupakan seorang profesor ilmu dan teknik material serta anggota Maryland Energy Innovation Institute.

Saat dilakukan ujicoba penembakan peluru, Hu mengatakan, proyektil meluncur lurus menembus kayu alami, namun tidak dengan kayu yang dipoles dengan bahan khusus. Kayu super tersebut sepenuhnya mampu menghentikan proyektilnya.

Hebatnya lagi, bahan yang diubah menjadi kayu super ini berasal dari pohon pinus yang terkenal lunak.

“Kayu lunak seperti pinus atau balsa, yang tumbuh cepat dan lebih ramah lingkungan, bisa menggantikan kayu hutan yang biasanya tumbuh lebih lambat tapi padat seperti jati,” kata Hu.

Dia optimis penemuan ini bisa membuat kayu digunakan sebagai material pembuatan mobil, pesawat terbang, bangunan, dan apa saja menggantikan fungsi logam.

Hu dan tim sebelumnya telah melakukan berbagai penelitian dan rekayasa dalam teknologi nano terhadap kayu alami.

Mereka sebelumnya membuat berbagai teknologi dari bahan terkait nanoselulosa: (1) kertas super bersih untuk mengganti plastik; (2) kertas fotonik untuk meningkatkan efisiensi sel surya sebesar 30%; (3) baterai dan supercapacitor dari kayu; (4) baterai dari daun; (5) kayu transparan untuk bangunan hemat energi; (6) desalinasi air matahari untuk minum dan secara khusus menyaring pewarna beracun.
Teknologi berbasis kayu ini selanjutnya dikomersialkan melalui perusahaan yang terpisah dari UMD, Inventwood LLC.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: