25 September 2018
Home / Hukum & Kriminal / Pabrik mie kuning di Panam positif pakai formalin

Pabrik mie kuning di Panam positif pakai formalin


Pekanbaru (RiauNews.com) – Sebuah pabrik pembuatan mie kuning di Jalan Muhajirin Kelurahan Sidomulyo Barat, Panam, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, digerebek petugas Kepolisian Sektor Tampan, karena diduga menggunakan formalin sebagai bahan pengawet.

Dalam penggerebekan yang dilakukan pada Jumat (2/6/2017) kemarin itu, petugas berhasil menyita barang bukti 2 jerigen berisi 60 liter zat cair diduga formalin. Lalu mie kuning diduga terkandung formalin sebanyak 6 kantong.

“Satu orang diamankan sebagai terlapor, yakni SP (34), pemilik pabrik dengan pengawet yang dilarang tersebut,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Ipda Dodi Vivino di Pekanbaru, Sabtu (3/6).

Dijelaskan Ipda Dodi, pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan dari Ayi Maliput Sidil, pegawai Balai Besar Pemgawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru, bahwa terdapat pabrik mie dengan bahan-bahan yang dicurigai. Pelapor bersama tim kepolisian kemudian mendatangi tempat pembuatan mie tersebut.

“Setiba di lokasi, tim kemudian melakukan pemeriksaan dan didapati hasil adanya mie kuning yang diduga mengandung formalin,” lanjut Dodi.

Setelah hasil tes menunjukkan mie positif dicampur bahan pengawet mayat, pelaku kemudian dibawa ke Polsek Tampan guna dilakukan proses sebagaimana mestinya. Setelah itu akan dikoordinasi terus secara berlanjut kepada pihak BBPOM Pekanbaru.

Atas temuan tersebut, pelaku disangka melanggar Undang-Undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Selain itu juga UU no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: