22 Oktober 2018
Home / News / Internasional / Kamera ajaib, tenggelam dan hilang dua tahun di laut ternyata masih bisa berfungsi

Kamera ajaib, tenggelam dan hilang dua tahun di laut ternyata masih bisa berfungsi

Kamera milik mahasiswi Jepang yang hilang tenggelam di laut, ditemukan dua tahun kemudian di pantai Taiwan. (Kredit: Park Lee/BBC)

Taipei (RiauNews.com) – Sebuah kamera yang digunakan untuk memotret di bawah air oleh mahasiswi asal Jepang, hilang dan tenggelam dua tahun lalu. Namun, kini kamera tersebut kembali ditemukan dalam kondisi dipenuhi kerang oleh sorang pelajar di pantai Taiwan.

Ajaibnya, meski telah sekian lama terendam dan mengalami tekanan ekstrim dalam air laut serta terseret sekian ratus kilometer dari tempat asalnya, kamera tersebut masih bisa berfungsi. Tak hanya itu, data-data foto yang ada di dalamnya masih bisa diselamatkan.



Diwartakan oleh BBC, diperkirakan, kamera itu bisa bertahan karena dipasang casing antiair, sehingga air laut tak bisa masuk atau merusak komponen bagian dalam.

Kamera itu ditemukan oleh seorang siswa yang sedang berwisata di pantai Taiwan. Guru sekolah lalu melacak keberadaan pemiliknya melalui Facebook. Ternyata pemiliknya adalah seorang perempuan Jepang.

“Saya tak percaya ini,” begitu kesan pertama sang pemilik, Serina Tsubakihara, saat dimintai komentarnya oleh BBC.

“Saya sangat terkejut saat teman-teman mengunggah foto-foto yang diambil menggunakan kamera itu,” katanya, menambahkan.

Mahasiswi itu kehilangan kameranya saat berwisata di Ishigaki, Okinawa, pada September 2015, sekitar 250 kilometer sebelah timur Taiwan. Dia menggunakan kamera itu saat menyelam untuk memotret kondisi bawah laut.

“Saya sedang menyelam dan kehilangan kamera saat seorang teman kehabisan oksigen sehingga saya harus membantunya,” kata Serina.

Saat itu dia berpikir tidak akan pernah menemukan kembali kameranya. Namun tak disangka, ternyata kamera itu terbawa arus ratusan kilometer dan terdampar di pantai Taiwan.

“Seorang siswa berusia 11 tahun yang menemukannya,” kata guru, Park Lee.

Saat ditemukan, casing kamera sudah dipenuhi dengan kerang. “Kami kira ini sudah rusak, namun setelah dilihat ada tombol untuk membuka casing-nya,” kata Lee.

Dia terkejut karena bagian dalam kamera tak tersentuh air. “Mengejutkan, saat anak itu menyalakan kamera, ternyata masih berfungsi,” ujarnya.

Akhirnya mereka memutuskan mengembalikan kamera itu dan melacak keberadaan pemiliknya. Dari foto-foto yang tersimpan di kamera, mereka mengetahui pemiliknya adalah perempuan asal Jepang. Lalu mereka mengunggah foto-foto di kamera itu dengan menyertakan pesan dalam bahwa Taiwan dan Jepang. Harapannya, ada yang merespons pesan itu.

Ternyata tak butuh waktu lama, setelah di-share 10.000 kali, Serina langsung merespons. Rencananya, Serina akan ke Taiwan pada Juni mendatang untuk mengambil kamera tersebut.*** (iNews)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: