26 September 2018
Home / Spesial Riau / Guru bantu di Duri sudah lima bulan tak gajian

Guru bantu di Duri sudah lima bulan tak gajian

Duri (RiauNews.com) – Sebuah kenyataan yang cukup miris ditemukan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat melakukan Safari Ramadhan di Mesjid Arafah, di Jalan Hang Tuah, Kota Duri Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Kamis (1/6/2017). Ternyata di daerah yang kaya minyak itu, para guru bantu ada yang belum menerima gaji sejak lima bulan lalu.

Seperti yang dilontarkan Sunardi, pria yang mengaku berprofesi sebagai guru bantu di SDN 65 Kelurahan Petani Kecamatan Mandau, menyampaikan langsung pada orang nomor satu di Pemprov Riau  bahwa dia dan rekan-rekannya yang lain sudah lama tak terima honor.

“Pak Gubernur, saya guru bantu provinsi, kami sudah lima bulan belum terima gajian. Kami sudah bingung pak,” kata Sunardi, yang saat itu juga didengar langsung Bupati Bengkalis, Amril Mukminin.

Menurut Sunardi lagi, selama lima bulan tak mendapatkan honor, terkadang dia harus pandai-pandai mencari uang menjadi tukang ojek. Terkadang juga bisa juga mencari pekerjaan tambahan lainnya, agar bisa bertahan hidup.

Menjawab pertanyaan tersebut, Gubernur Riau mengatakan bahwa Pemprov Riau melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sudah menyediakan anggaran melalui Bantuan Keuangan (Bankeu).

Pemkab Bengkalis sendiri menurutnya, sudah mengajukan proses pencairan untuk guru bantu tersebut. Ada pun daerah yang belum mengajukan proses pencairan yakni Siak, Rohil dan Kuantan Singingi.

Sementara untuk delapan daerah lainnya sudah lama mengajukan proses pencairan serta sudah membayarkan hak-hak para guru bantu tersebut.

Jika menyimak jawaban Gubri, tentu patut dipertakan dimana “nyangkutnya” dana untuk gaji guru bantu tersebut.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: