14 Desember 2018
Home / News / Nasional / Gunung Marapi “batuk” dua kali

Gunung Marapi “batuk” dua kali

Gunung Marapi menyemburkan abu vulkanik.

Bukittinggi (RiauNews.com) – Gunung Marapi (2.891 m dpal) yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat, meletus sebanyak dua kali pada Ahad (4/6/2017).

Berdasarkan laporan PVMBG yang disampaikan kepada Posko BNPB disebutkan, letusan pertama terjadi pukul 10:01 WIB, kolom abu tebal dengan tekanan sedang mengepul mencapai ketinggian 300 meter. Letusan kedua pada pukul 10:22 WIB mencapai ketinggian 700 meter dari puncak. Tidak terdengar suara gemuruh dan dentuman dari Pos Marapi di Kota Bukittinggi yang berjarak 14 km di barat laut puncak.

“Erupsi ini termasuk tipe vulkanian kecil berupa lontaran bom vulkanik yang menyebar sekitar kawah, juga disertai kepulan abu hitam tebal yang menyebar sesuai arah angin,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Marapi melalui pesan singkatnya yang diterima riaunews.com.

Dijelaskan Sutopo, erupsi ini merupakan ciri khas G yang jarang disertai awan panas dan letusan berlangsung dalam waktu singkat. Namun akibat erupsi tersebut hujan abu tipis terjadi di Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

“Letusan yang terjadi adalah wajar karena Marapi selama ini berstatus Waspada. Tidak ada peningkatan status,” tutur Sutopo.
Memang sejak Agustus 2011 lalu hingga sekarang, Gunung Marapi statusnya Waspada (level II). PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah atau puncak. ***

Reporter: Fitrialis

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: