Rab 17 Safar 1441 H, 16 Oktober 2019
Home / Nasional / Dua tewas saat tank TNI angkut murid TK tergelincir ke sungai

Dua tewas saat tank TNI angkut murid TK tergelincir ke sungai

Proses evakuasi korban tank terperosok ke Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah. (Kredit: iNews)

Purworejo (RiauNews.com) – Acara pendidikan luar ruang alias outbound yang dilakukan sejumlah TK dan PAUD Sindurjan, Kecamatan Purworejo, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/3/2018), berakhir tragis. Tank Batalyon 412/Mekanik yang ditumpangi 20 murid TK tergelincir ke Sungai Bogowonto, Purworejo, yang menewaskan dua orang.

Adapun korban yang tewas adalah Pratu Randi Suryadi dan Kepala TK Ananda, Iswandari.

Kepala Dinas Penerangan Penerangan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny Tuejeh, mengatakan prajurit TNI AD Pratu Randi mengalami kelelahan menyelamatkan anak-anak supaya tidak terbawa arus sungai. Demikian juga halnya dengan Iswandari, kedua korban akhirnya terbawa arus dan meninggal dunia meski sempat dibawa ke rumah umum sakit daerah (RSUD) setempat.

Diwartakan Republika, kegiatan itu dilakukan di Sungai Bogowonto dengan menggunakan tiga tank untuk mengankut peserta yang berasal dari TK Ananda (16 murid dan satu guru), TK Masitoh (71 murid dan 4 guru), TK Siwi (20 murid dan dua guru), PAUD Lestari (20 murid dan 4 guru), PAUD Handayani (35 murid).

Pelaksanaan kegiatan itu dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, acara tersebut berjalan lancar. Namun pada tahap kedua, salah satu tank tergelincir masuk sungai dalam dan tenggelam.

“Jenazah korban Pratu Randi sedang dalam perjalanan ke Sumedang untuk dimakamkan dan ibu Iswandari rencananya dimakamkan besok, Ahad (11/3), di Purworejo,” kata Alfret.

Sebagai bentuk keprihatinan dari satuan, TNI menyatakan duka cita, dan memberikan santunan kepada keluarga korban, baik Pratu Randi maupun Iswandari.

“Kejadian ini memberikan pembelajaran penting bagi TNI AD dan kami berharap hal ini tidak terjadi lagi di masa mendatang,” ujar Alfret menutup.

Komentar

Tinggalkan Balasan