Sel 16 Safar 1441 H, 15 Oktober 2019
Home / Utama / Dompet Dhuafa Riau Turunkan Team pemadaman Api Karhutla

Dompet Dhuafa Riau Turunkan Team pemadaman Api Karhutla

Team Dompet Dhuafa saat memadamkan Karhutla di Desa Lubuk Keranji Timur Kec. Bandar petalangan Kab. Pelelawan Riau pada Jumat kemaren (20/9/19).istimewa

PEKANBARU (RiauNews.com) – Dompet Dhuafa Riau menurunkan team pemadaman Api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Team diturunkan di Desa Lubuk Keranji Timur Kec. Bandar petalangan Kab. Pelelawan Riau pada Jumat kemaren (20/9/19).

Jumlah personil yang diturunkan ke lokasi berjumlah 4 orang. Mereka berjibaku memadamkan si jago merah bersama Pihak kepolisian dalam hal ini Babinkantibmas, Prajurit TNI, RPK PT. Arara Abadi dan juga bersama masyarakat setempat.

Saat diwawancara wartawan, Ali Bastoni selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau mengatakan bahwa team yang diturunkan untuk memadamkan api karhutla ini sebagai bentuk gerakan Dompet Dhuafa Riau melawan asap langsung dari sumber Api nya.

Ali Bastoni sengaja memilih Kab. Pelalawan karena kabupaten ini merupakan wilayah yang memiliki titik api yang banyak, salah satunya desa lubuk keranji timur yang muncul beberapa hari yang lalu, yang artinya harus segera ditangani agar tidak meluas. Selain itu, karena terbatasnya tim pemadam dari damkar, BPBD, ataupun satpol PP Kab. Pelalawan yang juga sedang menangani wilayah lain saat ini, Ujarnya.

Tim Dompet Dhuafa Riau dilapangan melakukan pemadaman menggunakan peralatan pompa yang dimiliki oleh RPK PT Arara Abadi. kurangnya ketersediaan sumber air, kerusakan mesin, dan juga arah angin, cukup menyulitkan tim pemadaman, tapi tidak menyurutkan semangat tim dilapangan karhutla.

“Air yg terbatas, arah angin, dan mesin yang beberapa kali rusak menjadi kendala pemadaman hari ini (red:kemaren). Tapi tidak menyurutkan semangat kami untuk memadamkan Api” Ujar Hendi Mardika koordinator Pemadaman Api Karhutla Dompet Dhuafa Riau.

Selain pemadaman Api, tim juga memberikan bantuan logistik kepada tim pemadaman yang bertugas, Layanan medis, dan berbagi masker untuk masyarakat desa, tutupnya.

Sejak kemaren sore, lahan yang sudah terbakar di Desa Lubuk Keranji Timur Kec. Bandar petalangan Kab. Pelelawan Riau mencapai 50 Hektar. Rls/Tien

Komentar