Ming 23 Muharram 1441 H, 22 September 2019
Home / Spesial Riau / Cara PT Adei padamkan lahan terbakar dicurigai Dewan untuk sulitkan penyidikan

Cara PT Adei padamkan lahan terbakar dicurigai Dewan untuk sulitkan penyidikan

(Ilustrasi)

 

PEKANBARU (RiauNews.com)-Langkah manajemen PT Adei Plantation & Industri dalam penanganan kebakaran lahan di Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan tersebut dinilai anggota DPRD Pelalawan akan menyulitkan penyidikan aparat penegak hukum.



Namun hal itu dibantah oleh Humas PT Adei Plantation Budi Simanjuntak. “Kalau tidak kita membalikkan tanah tersebut asap tidak hilang dan kemungkinan untuk api hidup kembali cukup besar karena tunggul dan akar-akar sawit tersebut tetap membara. Karena kita tahu bahwa gambut sulit untuk padam,” Jelas Budi.

Pihaknya jelas Budi berinisiatif melaporkan kebakaran lahan tersebut ke Polsek setempat dan telah menyampaikan data berdasarkan pantauan drone.

“Lahan yg terbakar merupakan lahan yang masih produksi Sekarang prosesnya sudah kita serahkan ke Gakum dan Polres. Kita tunggu saja hasilnya ya,” imbuhnya.

Sebelumnya anggota DPRD Pelalawan Abdul Nasib, SE ikut menyaksikan langsung proses pemadaman hingga, pencacahan lahan gambut yang terbakar menggunakan alat berat oleh PT Adei Plantation.

Menurut politisi dari partai Gerindra ini, langkah cepat yang dilakukan oleh pihak perusahaan adalah tepat dan benar. Upaya ini, tidak membikin banyak asap yang ditimbulkan oleh lahan gambut.

Hanya saja, pencacahan dan penggalian tanah dengan kedalaman beberapa meter dilahan yang terbakar tersebut, hanya untuk menghilang barang bukti dengan tujuan menyulitkan penegak hukum melalukan penyelidikan. ***

Pewarta: Tien

Komentar
%d blogger menyukai ini: