26 September 2018
Home / Spesial Riau / Kampar / ​Yayasan Matankari Riau desak BPCB dan Disbud Serius Ekskavasi Kawasan Kompleks Candi Muaratakus

​Yayasan Matankari Riau desak BPCB dan Disbud Serius Ekskavasi Kawasan Kompleks Candi Muaratakus

Muaratakus (RiauNews.com)- Yayasan Matankari Riau milik Siompu Niniok Datuok Ghajo Dubalai, meminta pihak Balai Pelesterarian Cagar Budaya (BPCB) Batu Sangkar agar melalukan ekskavasi besar-besaran atas ditemukannya situs baru di areal Zona 1 kompleks Candi Muaratakus baru-baru ini.

Hal tersebut disampaikan ketua Yayasan Matakari Amirullah, SPd kepada wartawan Jumat, (27/4/2018) kemarin.

“Beberapa orang tim kita dari yayasan termasuk pihak ahli waris kedatuan Muotakui sudah sejak dari awal ikut mendampingi pihak BPCB dan tim dari Dinas Kebudayan Provinsi Riau dalam menindaklanjuti ditemukan situs baru dalam kompleks Muotakui.” ujar Amir.

Dikatakan Amir, pihak ahli waris hanya berharap kepada pemerintah agar benar-benar melakukan ekskavasi yamg lebih besar dan konprehensif lagi.

“Ya bukan hanya karena ditemukan oleh warga lalu dilakukan penelitian dan ekskavasi. Tetapi harapan kita agar kedepannya dapat bekerjasama dalam upaya membongkar puluhan situs lainnya di areal ini. Kita siap bekerjasama demi terbongkarnya kebanggaan kita yang lainnya. Sebab kita banyak mengantongi masalah info tentang keberadaan situ di kawasan radius 10 KM dari zona inti sekarang.” terang Amir.

Menurut Amir, Candi Ompangan dan Candi Palantaghan ini adalah pintu masuk ke dalam zona inti.

“Ini candi pintu gerbang masuk. Siapapun yang masuk ke dalam komplek ini haruslah melalui Candi Ompangan dan kemudian baru bisa istirahat di candi Palantaghan.” Imbuhnya. ***(rls/tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: