10 Desember 2018
Home / Utama / ​PT Ivo Mas Tunggal Tanam Sawit Rakyat 246,83 H

​PT Ivo Mas Tunggal Tanam Sawit Rakyat 246,83 H

Camat Kandis, Irwan Kurniawan SSos MM, saat melakukan penanaman sawit secara simbolis. Istimewa

KANDIS (KR)-Peran serta kepedulian pihak perusahaan PT Ivo Mas Tunggal (IMT) Kecamatan Kandis dalam hal penanaman sawit program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) diwujudkan dengan nyata.

Bermitra dengan Koperasi Sawit Kandis Sejahtera, PT Ivo Mas Tunggal dan Upika Kecamatan Kandis melakukan penanaman pohon sawit perdana pada Jumat (16/3/18).

Kegiatan ini merupakan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kampung Pencing Bekulo Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Selaku tuan rumah, Penghulu Kampung Pencing Bekulo, Eka Indrawan Sinaga, AMd dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya. Ini berkat perjuangan yang cukup melelahkan sehingga Koperasi Produsen Sawit Kandis Sejahtera dan juga Perusahaan PT Ivomas Tunggal, dapat mewujudkan program di empat Kampung di Kecamatan Kandis yakni Kelurahan Simpang Belutu 64,96 hektar, Kampung Belutu 43,52 hektar, Kampung Pencing Bekulo 99,61hektar dan Kampung Jambai Makmur 38,74, dengan jumlah keseluruhan 246,83 hektar.

“Akhirnya hal ini dapat terlaksana berkat kerja keras dari para pengurus koperasi produsen sawit kandis sejahtera dengan pihak PT Ivomas Tunggal, semoga Program peremajaan sawit rakyat ini dapat membantu ekonomi masyarakat, jika diawal sudah baik pasti nantinya akan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Septianus Harianja selaku Rc kebun Siak Barat yang mewakili PT Ivomas Tunggal memaparkan, bahwa pengurus yang ada didalam koperasi produsen sawit kandis sejahtera tentunya didalam program peremajaan sawit rakyat.

“Ini adalah tujuan dan target dari pada Pemerintah dimana kita sendiri dituntut dari pihak-pihak tertentu bahwa tidak selalu meningkatkan produksi sawit dengan merambah hutan lalu ada pontensi kurang lebih dari 60 persen dari total luas areal sawityang ada di Indonesia adalah milik rakyat baik secara perseorangan sampai dengan empat hektar ataupun dengan skala yang lebih besar,”jelasnya.

Ditambahkan Septianus Harianja, kalau dalam pelaksanaannya aktual rata-rata berdasarkan statistik pencapaian produksinya mencapai 10 sampai 12 ton saja perhektarnya.

“Tentunya dalam meningkatkan produksi itulah yang menjadi peluang bagaimana potensi produksi yang ada pada saat ini bisa ditingkatkan lebih baik lagi, yaitu dengan cara menanam dengan baik, bibit yang baik dan perawatan yang baik maka diharapkan hasil produksi rakyat bisa meningkat sampai dengan 30 ton pertahun,”katanya.

Selanjutnya, Camat Kandis, Irwan Kurniawan SSos MM dalam kesempatan ini mengatakan, bahwa koperasi produsen sawit kandis sejahtera dan perusahaan PT Ivomas Tunggal bersama masyarakat sudah melakukan kerja yang nyata, dan dapat berkerjasama.

“Semoga program peremajaan sawit rakyat ini dapat membantu perekonomian masyarakat, dan dapat berkembang, saya selaku Pemerintah Kecamatan Kandis mengucapkan terimakasih kepada PT Ivomas Tunggal dan Koperasi produsen sawit kandis sejahtera, serta masyarakat Kampung Pencing Bekulo yang telah berkerjasama dengan baik,” pungkasnya.

Kegiatan penanaman pohon sawit perdana ini, dihadiri Camat Kandis, Bhabinkamtibmas Kampung Pencing Bekulo, Babinsa Kampung Pencing Bekulo, Penghulu Kampung Jambai Makmur, Penghulu Kampung Pencing Bekulo, Rc.Kebun Siak Barat, Rc. Kebun Siak Timur, seluruh Manager Kebun Siak Barat, seluruh Manager Kebun Siak Timur dan penguruskoperasi produsen sawit sejahtera serta tokoh masyarakat lainnya.rls/tien 

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: