21 Agustus 2018
Home / Spesial Riau / Kampar / ​Niniok Datuok Ghajo Dubalai Nasrul minta Pemkab Kampar segera bebaskan lahan komplek Muaratakus

​Niniok Datuok Ghajo Dubalai Nasrul minta Pemkab Kampar segera bebaskan lahan komplek Muaratakus

Niniok Datuok Ghajo Dubalai Nasrul.

KAMPAR (RiauNews.com)- Niniok Datuok Ghajo Dubalai Nasrul meminta pembebasan lahan oleh pemerintah khususnya Pemkab Kampar segera lakukan pembebasan lahan atau ganti rugi. Karena jika itu tidak dilakukan tentu akan menghambat kerja yg dilakukan oleh pihak BPCB Batusangkar.

“BPCB baru bisa kerja kalau lahan tidak bermasalah”. terang Niniok Nasrul selaku pucuk adat Kedatuan Muotakui.



Salah satunya untuk merealisasikan hal tersebut menurut Niniok Nasrul adalah pembuatan Perda Cagar Budaya oleh Pemkab Kampar. Agar bisa dilakukan pembebasan kawasan setidaknya dalam tanggul tanah yang luasnya 4 KM persegi.

“Saya berharap ini ditindaklanjuti sesegera mungkin. Kalau memang Pemerintah Kabupaten Kampar serius masalah pemugaran fisik dan ekskavasi di kawasan Candi Muotakui,” ungkap pucuk adat Soko Pisoko Jo Limbago Kedatuan Muotakui ini.

Ketuan harian Yayasan Matankari, Amirullah mendukung apa yg disarankan oleh Niniok Datuok Ghajo Dubalai tersebut menurutnya radius 10 Km luas lahan yang harus dibebaskan.

“Radius 10 KM di luar tanah perumahan dan kebun milik masyarakat harus di bebaskan. Kalau ada tanah peribadi di lahan atau kawasan situs, harus segera ganti rugi oleh pemerintah.” ujar mantan penyuluh budaya kemdikbud itu.***(tien)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: