Wed 14 Rabi Al Thani 1441 H, 11 December 2019
Home / Spesial Riau / Tol Pekanbaru-Bangkinang segera dibangun Januari 2020

Tol Pekanbaru-Bangkinang segera dibangun Januari 2020

Pembangunan jalan tol di era Jokowi.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Satu lagi ruas jalan tol akan dibangun di Provinsi Riau dalam waktu dekat, yaitu tol Pekanbaru-Bangkinang.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Perusahaan (Sekper) PT Hutama Karya, M Fauzan, jalan tol sepanjang 30 kilometer ini merupakan bagian dari proyek tol Pekanbaru-Padang, yang sudah di-ground breaking oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Februari 2018 lalu.



“Tapi untuk pembahasan lahannya banyak hambatan, sehingga HK berinisiatif memulai proyek strategis nasional ini dari sisi Pekanbaru-Bangkinang dan Bangkinang-Pangkalan,” ucap Fauzan.

Disebutkan, jika ground breaking bisa Desember ini, mungkin awal tahun 2020 pihaknya sudah bisa mulai pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30 kilometer dan ditargetkan tuntas pada 2021.

“Kita targetkan 2 tahun sudah selesai. Saat ini jalan tol Pekanbaru-Bangkinang masih tahap sosialisasi pembebasan lahan, dan tahapan untuk ground breaking,” tambahnya.

Dapat diketahui, sebelumnya rencana pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru dengan total panjangnya mencapai 254,8 km akan dilakukan dalam tiga tahap hingga tahun 2023 mendatang. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinang.

Proyek yang masuk dalam Trans Sumatera diperkirakan membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 78,09 triliun dengan target penyelesaian selama lima tahun.***

Komentar