Sel 22 Rabiul awal 1441 H, 19 November 2019
Home / Spesial Riau / Riau sumbang hotspot terbanyak dari 584 titik yang terpantau di Sumatera

Riau sumbang hotspot terbanyak dari 584 titik yang terpantau di Sumatera

Petugas Sabhara Polri ikut memadamkan karhutla yang terjadi di Riau.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Provinsi Riau menjadi daerah yang paling banyak ‘menyumbang’ hotspot alias titik panas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang terpantau di Pulau Sumatera.

Data BMKG Pekanbaru, Sabtu (24/8/2019), terdapat 584 hotspot pada level confidence 50 persen di Sumatera, separuhnya terdapat Riau, yakni 272 titik.



Jumlah titik panas ini menyebar ke sejumlah kabupaten di Riau. Di Kabupaten Bengkalis, 28, Rokan Hilir 2, Meranti 7, Siak 8, Kampar 1, Inhu 8 dan paling terbanyak terdapat di Kabupaten Pelalawan 76 lokasi Karhutla.

“Jarak pandang pagi tadi di Pekanbaru hanya 2,5 Km. Untuk Kabupaten Pelalawan jarak pandang 2 Km, asap,” kata staf analisis BMKG Pekanbaru, Gita Dewi Siregar, dalam keterangannya kepada wartawan.

Namun pada level 70 persen, pantauan satelit Terra/Aqua hanya terdapat 192 titik panas. Pada level 70 persen tingkat kemungkinan terjadi titik Karhutla sangat besar.

Kondisi cuaca pagi hari, kata Gita, cerah dan berawan. Berpotensi terjadi penurunan jarak pandang yang disebabkan kekaburan udara. “Malam hari cerah berawan berpotensi hujan ringan yang tidak merata terjadi di sebagian Kota Dumai, Kabupaten Inhil, Inhu, Meranti, Pekanbaru, Pelalawan dan Siak,” kata Gita Siregar.

Pantauan di lokasi, kota Pekanbaru sejak pagi hingga siang hari sinar matahari terhalang asap pekat. Kondisi asap yang tak kunjung hilang di langit Riau sudah dikeluhkan masyarakat.***

Komentar