Sabtu, 25 Januari 2020
Home / Spesial Riau / Pemprov Riau alokasikan Rp500 juta untuk menindak truk ODOL tahun depan

Pemprov Riau alokasikan Rp500 juta untuk menindak truk ODOL tahun depan

Truk ODOL pengangkut kayu chip ke perusahaan kertas lalu-lalang dengan muatan berat sehingga dengan cepat menghancurkan jalanan di Provinsi Riau.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Ribuan atau mungkin puluhan ribu truk-truk dengan tonase besar yang melebihi ketentuan, lalu-lalang di jalanan Riau. Sehingga tak heran jalan yang baru saja diaspal tak berumur panjang kemulusannya.



Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun telah menganggarkan Rp500 juta untuk menindak truk Over Dimension Over Load (ODOL) pada tahun 2020 nanti. Anggaran itu nantinya dipergunakan untuk tenaga teknis di lapangan.

“Sebenarnya kita ajukan anggaran sebesar Rp400 juta untuk tenaga teknis di lapangan. Tapi ditambah oleh Banggar DPRD sebesar Rp100 juta, jadi totalnya menjadi Rp500 juta,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Riau, M Taufiq OH, Ahad (1/12/2019).

Penambahan anggaran oleh dewan sebagai bentuk dukungan agar penindakan truk ODOL lebih baik lagi di lapangan.

Kemudian anggaran itu sebagai solusi yang diberikan Dewan untuk mendukung mobilitas tim pengawasan dalam penegakan hukum ODOL.

“Prinsipnya anggaran itu sudah cukup bagi Dishub Riau untuk melaksanakan fungsi pengawasan dan penegakan hukum ODOL. Tapi karena dapat dukungan diberikan tambahan,” ujarnya.

Dikutip dari laman Cakaplah, disinggung rencana penindakan, Taufiq menyatakan pihaknya sudah membuat program sehingga tinggal menjalankan saja tahun depan.

Dalam penindakan, tambah Taufiq, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak Kepolisian dan berbagai pihak terkait di daerah. Termasuk pihak BPTD Wilayah IV Riau Kepri selaku Balai Perhubungan Kemenhub.

“Untuk penindakan tahun depan sudah jalan. Dan kita bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, seperti kepolisian yang juga memiliki wewenang dalam penindakan,” pungkasnya.***

%d blogger menyukai ini: