Jum 25 Rabiul awal 1441 H, 22 November 2019
Home / Spesial Riau / Pelalawan / Polisi temukan aktivitas ilegal logging di Taman Nasional Tesso Nilo

Polisi temukan aktivitas ilegal logging di Taman Nasional Tesso Nilo

Beberapa pelaku illegal logging di Taman Nasional Tesson Nilo yang berhasil ditangkap. (Foto: Detikcom)

Pangkalankerinci (Riaunews.com) – Jajaran Polres Pelalawan lagi melaksanakan patroli memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Tanpa sengaja tim menemukan adanya aktivitas perambahan hutan (ilegal logging) di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN).



“Tim melakukan patroli ke TNTN untuk melihat ada tidaknya Karhutla. Di tengah TNTN terdengar suara mesin gergaji, dari sana kita telusuri,” kata Kasat Reskrim Polres Pelalawan, AKP Teddy Ardian, Jumat (23/8/2019).

Dari penelusuran asal suara mesin yang lagi memotong kayu hutan itu, kata Teddy, akhirnya tim menemukan warga yang lagi merambah hutan. Di lokasi pelaku ilegal logging lagi memotong kayu-kayu hasil jarahan. Lokasinya berada di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Pelalawan.

“Di lokasi kita menemukan ada dua orang warga lagi membelah kayu hasil perambahan di dalam kawasan taman nasional,” kata Teddy.

Aksi keduanya dihentikan tim patroli Karhutla. Alat bukti mesin gergaji kayu pun disita. Keduanya lantas diboyong ke Mapolres Pelalawan.

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap keduanya. Hasil pemeriksaan, kita menetapkan satu orang sebagai tersangka atas nama Syamsul Ritonga. Penetapannya kemarin,” kata Teddy.

Dikutip dari Detikcom, tersangka dijerat dengan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang kehutanan dan UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.

“Kasus ini masih dikembangkan untuk proses lebih lanjut,” tutup Teddy.***

Komentar