Sabtu, 25 Januari 2020
Home / Spesial Riau / Pagi ini terpantau 18 titik panas di Riau

Pagi ini terpantau 18 titik panas di Riau

Petugas dari BMKG sedang melakukan pemantaun citra satelit.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali merilis data bahwa ditemukan titik panas (hotspot) di Provinsi Riau, yakni sebanyak 18 titik, Kamis (10/10/2019) pukul 07.00 WIB.



Sementara untuk Sumatera mencapai 301 titik, di mana hotspot terbanyak terdapat di Provinsi Jambi, yakni 136 titik. Selanjutnya Sumatera Selatan (Sumsel) 99 titik, dan Lampung 44.

“Disusul Riau dengan 18 hotspot dan Bangka Belitung (Babel) 4 titik,” ujar Gita Dewi Siregar, Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbaru.

Hotspot di Riau, jelas Gita, tersebar di beberapa kabupaten/kota, diantaranya Kabupaten Kampar 1, Kabupaten Pelalawan 1 titik, Indragiri Hilir (Inhil) 7 dan Indragiri Hulu (Inhu) 9 hotspot.

“Sementara dengan level confidence 70 persen, atau berupa titik api terdapat 11 titik, yaitu di Inhil 5 dan Inhu 6,” sebutnya.

Gita menambahkan, meskipun titik api masih ditemukan di Riau, namun curah hujan dan potensi hujan masih sangat besar di Riau.

“Dari beberapa hari yang lalu, hingga saat ini potensi hujan di Riau tinggi. Cuaca di Riau cerah berawan namun berpotensi hujan intensitas ringan dan sedang di sebagian wilayah di Riau,” ungkap Gita.

Berdasarkan data yang dihimpun BMKG Stasiun Pekanbaru, curah hujan di Riau mengakibatkan jarak pandang menurun atau kekaburan udara di beberapa daerah.

“Kemarin (09/10), Kota Pekanbaru jarak pandangnya 2.5 KM udara kabur dengan jumlah hujan 2.5 mm, di Inhu 4 KM udara kabur juga, begitu juga dengan Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kampar terdapat kekaburan udara,” katanya.***

%d blogger menyukai ini: