Sab 19 Rabiul awal 1441 H, 16 November 2019
Home / Spesial Riau / Musim hujan, 19 titik panas masih terdeteksi di Riau

Musim hujan, 19 titik panas masih terdeteksi di Riau

Petugas dari BMKG sedang melakukan pemantaun citra satelit.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Meski sebagain besar Provinsi Riau saat ini sudah sering diguyuri hujan, namun bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih membayangi.

Pada Jumat (8/11/2019) pagi ini saja, citra satelit Terra Aqua telah mendeteksi sebanyak 19 titik panas (Hotspot) tersebar di Riau.



“Riau menyumbang 19 titik panas yang tersebar di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) enam titik, Siak empat titik, Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu) masing-masing tiga titik, Kampar dua titik dan Rokan Hulu (Rohul) satu titik,” kata Kabid Data dan Informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikas (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki di Pekanbaru, Jumat pagi.

Sedangkan, jumlah titik panas di Riau yang berada di tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau diduga sebagai api ada sebanyak tujuh titik.

“Tujuh titik yang diduga titik api ini berada di Inhil tiga titik, Kampar dan Inhu masing-masing dua titik,” ujarnya.

Disebutkan, bahwa Pulau Sumatera kembali membara dengan terdeteksinya sebanyak 546 hotspot yang berada di tingkat level kepercayaan di atas 50 persen pada Jumat pagi ini.

Di mana, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi daerah terbanyak penyumbang hotspot sebanyak 287 titik. Diikuti Lampung 96 titik, Bangka Belitung 50 titik, Sumatera Barat 41 titik, Jambi dan Bengkulu masing-masing 21 titik, Riau 19 titik, dan Sumatera Utara sebelas titik.***

Komentar