Kam 24 Rabiul awal 1441 H, 21 November 2019
Home / Spesial Riau / Kuantan Singingi / Tekad pemuda Kuansing bersihkan Sungai Kuantan dari sampah

Tekad pemuda Kuansing bersihkan Sungai Kuantan dari sampah

Relawan Kuantan Zero Sampah memulai kampanye membersihkan Sungai Kuantan dari sampah. (Foto: MCR)

Telukkuantan (Riaunews.com) – Sejumlah pemuda dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) membentuk Relawan Kuantan Zero Sampah, dengan tujuan mewujudkan Sungai Kuantan yang bersih sekaligus menjaga kelestariannya

Relawan ini beranggotakan lebih dari 60 orang dan bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Kuansing. Aksinya difasilitasi satu perahu karet yang bermuatan sekitar 7 orang, sehingga bisa digunakan untuk mengutip sampah di sungai.



Salah seorang relawan Aceng Supardy mengatakan tujuan lain dibentuknya relawan ini untuk mengurangi dan mencegah masyarakat membuang sampah ke Sungai Kuantan.

“Supaya tidak ada lagi sampah di sungai kami,” tutur Aceng, Ahad (25/8/2019).

Aceng mengaku, ide membuat relawan ini muncul karena tidak ada yang mengurus sampah dan peduli dengan Sungai Kuantan. Apalagi saat sekarang ini kata dia, merupakan pesta rakyat Kuansing yakni pacu jalur.

“Wisatawan yang datang bisa dari mana saja dan pasti akan membawa banyak sampah,” terang Aceng.

Kepada wisatawan penikmat pacu jalur, aceng menegaskan pemberitahuan larangan buang sampah ke sungai dengan menyuarakan larangan menggunakan pengeras suara, stiker, spanduk, dan disiarkan di radio serta live streaming genpi_kuansing.

Meskipun baru dibentuk, Aceng berharap agar relawan ini bisa mengurangi beban Sungai Kuantan yang tercemar oleh sampah.

Pada kesempatan yang sama, anggota Relawan Kuantan Zero Sampah lainnya, Yogi Syafrinaldi juga mengatakan, selain relawan mengutip sampah di Sungai Kuantan, tim relawan ini juga melakukannya di tempat wisata yang ada di kabupaten tersebut.

Selain itu juga di Tim Relawan menyediakan pojok baca di poskonya untuk masyarakat yang ingin menambah wawasan.

“Bagi yang ingin membaca silahkan datang ke posko,” tutup Yogi.***[MCR]

Komentar