19 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Kuantan Singingi / Dugaan pencemaran Sungai Teso oleh PT CRS tunggu hasi labor

Dugaan pencemaran Sungai Teso oleh PT CRS tunggu hasi labor

(ilustrasi)

Teluk Kuantan (RiauNews.com) – Persoalan pencemaran Sungai Teso yang diduga dilakukan PT Citra Riau Sarana (CRS) pabrik II, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, mengatakan bahwa mereka masih menunggu hasil uji laboratorium.

“Hasil uji belum keluar, jika sudah nanti akan diinformasikan,” kata Kadis KLH Kuantan Singingi Jafrinaldi di Teluk Kuantan, Kamis (10/5/2018).



Dijelaskan Jafri, semua sampel yang diduga menimbulkan dan menyebabkan pencemaran dikirim ke PU Riau, karena melalui proses yang membutuhkan waktu agar bisa diketahui secara baik, maka diharapkan semua pihak menunggu hasilnya.

Jafri juga menghimbau agar masyarakat bersabar dan tidak mudah terpancing isu pencemaran sepanjang belum ada uji laboratorium, termasuk hasil dengar pendapat dengan pihak DPRD Kuansing.

“Semua ada proses, dibuktikan dulu, jika terbukti limbah perusahaan mencemari lingkungan akan ditindak tegas,” sebutnya.

Terkait dugaan limbah PT CRS yang yang mencemari Sungai Teso, DPRD telah memanggil perusahaan tersebut pada 4 Mei 2018. Pada kesempatan itu, masyarakat menjelaskan dugaan pencemaran limbah yang dilakukan perusahaan.

“Ada warga yang menemukan sumber limbah berasal dari pipa perusahaan yang mengalir ke sungai,” tegasnya.

Pihak perusahaan dan masyarakat telah bertemu dan digelar hearing oleh DPRD Kuansing dan belum ada solusinya. Pemerintah Kabupaten Kuansing tentu akan mnyelidiki dan melakukan survei lapangan terkait adanya laporan warga.

Sementara itu, GM PT CRS Adi yang hadir saat itu menjelaskan pengelolaan limbah berbasis Land Aplication (LA) yang sudah diterapkan sejak 2013, limbah yang mencemari Sungai Kuning berasal dari pipa yang diduga dirusak orang yang tidak bertanggungjawab.

“Kami menemukan adanya pipa yang dibacok OTK, limbah itu yang mengalir ke sungai,” tegasnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: