Sen 14 Rabiul awal 1441 H, 11 November 2019
Home / Spesial Riau / Kuantan Singingi / Ada bukit berbentuk piramida di Kuansing, diduga peninggalan Kerajaan Kandis

Ada bukit berbentuk piramida di Kuansing, diduga peninggalan Kerajaan Kandis

Bukit berbentuk piramida di Kuantan Singingi. (Foto: Facebook)

Telukkuantan (Riaunews.com) – Sebuah bukit berbentuk piramida ditemukan di perbukitan yang berada di Desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi Riau.

Penemuan bukit yang seperti piramida di Mesir ini, hanya saja berwarna hijau karena diselimuti tumbuh-tumbuhan, langsung menjadi viral di daerah tersebut.



Pertama kali bukit berbentuk Piramid ini diketahui melalui media sosial yang dibagikan lewat akun facebook infokuansing atas pemilik video by@hendra _s_ jaya member of @pilotdroneriau.

Dari hasil jepretan video tampak jelas bukit ini berada di tengah hutan belantara dan berbentuk Piramid. Sejauh ini belum bisa dipastikan apakah bukit ini benar-benar situs peninggalan Kerajaan Kandis.

Sebab untuk memastikannya diperlukan penelitian lebih dulu dari para arkeolog yang lebih mengerti tentang sejarah. Terutama mengenai situs-situs lama yang sudah berusia ribuan tahun.

Meski belum bisa dipastikan apakah bukit ini benar peninggalan Kerjaan Kandis, namun yang pastinya lokasi yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Telukkuantan ini bisa dijadikan objek wisata baru oleh masyarakat, karena bentuknya yang unik dari bukit kebanyakan.

Dikutip dari laman Riauterkini.com, melalui cacatan sejarah, Kerajaan Kandis ini dahulu kala memang pernah berdiri di Sumatera, tepatnya berkuasa di Koto Alang, Botung, yang sekarang menjadi bagian dari Desa Sangau, wilayah Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik sekarang.

Kerajaan ini diperkirakan berdiri sekitar abad pertama sebelum Masehi, jauh lebih dulu berdiri dari Kerajaan Meloyou atau Dharmasraya Sumatera Tengah pada masa itu. Dua tokoh yang sering disebut raja di kerajaan ini adalah Patih dan Tumenggung.

Kemudian, kembali lagi ke Desa Pantai, masih berdasarkan catatan sejarah berdirinya Kerajaan Kandis ini maka terbentuk lah Kerajaan-kerajaan kecil di wilayah Lubuk Jambi.

Di Desa Pantai itu sendiri, juga pernah berdiri kerajaan Putih Pinang Masak atau Pinang Merah, sehingga dapat diasumsikan penemuan bukit berbentuk Piramid tersebut adalah peninggalan Kerajaan Kandis.

Namun, kondisinya yang telah berusia ribuan tahun maka sudah tertutupi rerumputan, sehingga sulit untuk dapat dilihat secara langsung, maka untuk memastiknya diperlukan para arkeolog melakukan risert.

Mengenai ini pihak pemerintah daerah juga diminta untuk berperan, sebab jika nanti benar situs itu adalah peninggalan Kerajaan Kandis maka akan dapat menjadi aset daerah bernilai sejarah dan pastinya tentu bisa mendatangkan dampak positif bagi Kuansing.***

Komentar