Kam 18 Safar 1441 H, 17 Oktober 2019
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Sepuluh tahun terbengkalai, Pemprov belum serahkan pengelolaan Pasar Cik Puan ke Pemko Pekanbaru

Sepuluh tahun terbengkalai, Pemprov belum serahkan pengelolaan Pasar Cik Puan ke Pemko Pekanbaru

Pasar Cik Puan sudah 10 tahun terbengkalai. (Kredit: Google Street View)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Pasar Cik Puan yang berada di Jalan Tuanku Tambusai, hingga saat ini pengelolaannya masih berada di tangan Pemerintah Provinsi Riau. Hal ini otomatis membuat Pemerintah Kota Pekanbaru tidak bisa berbuat apa-apa, meski pembangunannya sudah sepuluh tahun mangkrak.

Kepala Dinas Perdagangan dan perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menyebutkan, belum adanya penyerahan hak kelola itu menyebabkan Pemerintah Kota tak bisa melanjutkan pembangunan yang sudah terhenti sejak tahun 2009 lalu.

“Jadi kita butuh kepastian tentang hak milik pengelolaan lahan ini untuk melanjutkan pembangunan. Kalau sekarang, kita tidak bisa berbuat apa-apa untuk penganggaran, karena memang hak pengelolaan belum diserahkan ke kita,” ungkap Ingot, Rabu (6/2/2019).

Padahal pada 2013 lalu Pemprov melalui rapat bersama Walikota Pekanbaru Firdaus sudah bersedia menyerahkan hak pengelolaan Pasar Cik Puan tersebut ke Pemko.

“Namun sampai sekarang tidak terlaksana. Sehingga kita sulit melakukan pengembangan dan pembangunan, itu menjadi persoalan,” ungkap mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru ini.

Untuk itu, Pemerintah Kota berharap persoalan hak pengelolaan lahan yang mengakibatkan terhentinya pembangunan pasar yang berada di jantung Kota Pekanbaru itu bisa diselesaikan secepatnya oleh Pemprov Riau.

“Sehingga pembangunan dan pengembangan pasar yang sangat stategis, cukup legendaris dan sudah eksis di dalam Kota Pekanbaru ini bisa kita lanjutkan kembali,” harap Ingot. ***

Sumber: Rilis

Komentar