14 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Pimred Republika bagi pengalaman jurnalistik pada mahasiswa UIN Suska

Pimred Republika bagi pengalaman jurnalistik pada mahasiswa UIN Suska

Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi, saat menjadi pemateri pada workshop jurnalistik di UIN Suska Riau. (Kredit: istimewa)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, antusias mengikuti Workshop Desain Media Cetak dan Online yang ditaja Program Studi Ilmu Komunikasi, Selasa (1/5/2018).

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Teater Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau ini, para mahasiswa mendapatkan ilmu langsung dari salah seorang pimpinan media besar tanah air, Irfan Junaidi, yang saat ini merupakan Pemimpin Redaksi (Pimred) Republika.



Dalam acara yang dipandu salah satu Dosen UIN Suska, Musfialdi, Irfan membagikan pengalamannya tentang bagaimana bekerja di media cetak (koran).

Menurut Irfan, dalam memuat suatu berita, biasanya dimulai dari rapat tentang konten berita, atau isu-isu yang akan dimuat di media.

“Karena tak semua isu itu bisa diambil, karena ada isu yang penting dan isu yang tidak penting tergantung kebijakan dari masing-masing media,” ucapnya.

Setelah menyelesaikan rapat, kegiatan selanjutnya yaitu deliver kepada wartawan. Misalnya si A ke tempat ini, si B ke tempat itu, dan sebagainya. Dan pada pukul 14.00 para wartawan kumpul lagi untuk rapat hasil wawancara atau hasil informasi yang didapat.

Kemudian dilanjutkan dengan rapat pada pukul 17.00 sore untuk menentukan berita mana yang layak di naikkan. Redaktur akan mengambil konten-konten dari para wartawan, yang kemudian diolah sesuai dengan halaman yang dikelolanya.

Setelah selesai mengolah halamannya, lalu dikirim ke bagian desain visual untuk mengolah bagian gambar, warna dan sebagainya.

“Selanjutnya halaman koran di print untuk diperiksa kembali. Jika sudah benar, koran baru dapat dicetak,” jelas Irfan.
Salah seorang peserta bernama Desi, mengaku sangat tertarik dengan workshop jurnalistik ini.

“Acara ini menambah pengetahuan saya dan teman-teman, sehingga mengetahui bagaimana alur kerja di dunia jurnalistik, terutama media cetak. Apalagi pemateri kali ini Pimred Republika, salah satu media besar tanah air,” kata Desi bersemangat.***

Kontributor: Kenti Asih Safitri mahasiswa UIN Suska Riau

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: