21 September 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Pengecoran pylon Jembatan Siak IV akan dilakukan pekan depan

Pengecoran pylon Jembatan Siak IV akan dilakukan pekan depan

Pengecoran tiang penyangga utama Jembatan Siak IV dilanjutkan. (Kredit: Senuju)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Progres kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV yang terletak di ujung Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, hingga saat ini baru mencapai 23 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto menginformasikan hal tersebut saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Riau, Senin (14/5/2018).



Dijelaskan, pekerjaan memang sempat dihentikan sementara, namun dalam jangka waktu seminggu kedepan, pengecoran tiang penyangga jembatan akan dilanjutkan.

“Diproyeksikan tiang utama penyangga jembatan ini sudah berdiri pada awal Juli nanti,” tutur Dadang.

Diakuinya, pembuatan tiang penyangga (pylon) ini memang sedikit rumit. Pasalnya, tiang ini didesain seperti huruf A dan bagian sisi lainnya dibuat sedikit miring.

Kemudian, tahapan pembangunan akan dilanjutkan dengan pemasangan besi penyangga horizontal di bawah jembatan (gelagar).

“Intinya memang di pylon itu yang akan menyangga kabel-kabel penahan jembatan. Dan pylon harus kuat memang. Pembangunannya ini yang sedikit lebih rumit memang,” ujarnya.

Dikutip dari Media Center, pembangunan Jembatan Siak IV sebelumnya dihentikan pengerjaannya pada tahun 2012 lalu, dan diklaim pengerjaannya sudah mencapai 79 persen. Namun, dikarenakan ada permasalahan hukum pembangunannya terhenti. Barulah pada tahun 2017, jembatan yang akan menghubungkan Pekanbaru Kota dengan Kecamatan Rumbai Pesisir tersebut kembali dilanjutkan dengan pagu anggaran mencapai Rp115 miliar dengan penganggaran tahun 2017 dan 2018. *** (mcr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: