Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Masyarakat senang akhirnya bisa melintasi Jembatan Siak IV

Masyarakat senang akhirnya bisa melintasi Jembatan Siak IV

Masyarakat kini sudah bisa melewati Jembatan Siak IV, jembatan yang menghubungkan Jalan Jenderal Sudirman dengan kawasan Rumbai, Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Setelah sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya Jembatan Siak IV atau yang nama resminya Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah dibuka untuk umum. Langkah ini pun diapresiasi warga yang melintas di akses transportasi tersebut.

Seperti disampaikan Iwan (40) warga Rumbai. Menurutnya, keberadaan Siak IV sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah Rumbai dan Rumbai pesisir.

“Tentunya sangat senang. Dengan adanya jembatan Siak IV itu, akses transportasi menjadi lancar dan tentunya memudahkan masyarakat,” ujar pengendara roda empat itu.

Hal senada disampaikan Dewi (36) warga Panam. Menurutnya, selain memberikan kenyamanan untuk akses transportasi, keberadaan Siak IV juga menambah nilai estetika Kota Pekanbaru.

Sementara itu Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau Yunnan Haris mengatakan, Siak IV mulai dibuka untuk umum mulai Senin (18/3/2019) setelah mendapat izin tertulis dari Kementerian Pekerjaan Umum RI.

Dimana sebelum dioperasionalkan, pihaknya sudah melakukan uji kelayakan dengan menggunakan 30 mobil besar seberat hampir 800 ton digunakan dalam uji kelayakan Jembatan Siak IV.

Dari hasil pengujian tersebut, pihaknya memperoleh surat menteri PUPR yang ditandatangani langsung oleh M Basuki Hadimuljono dengan nomor surat BM.05.03-KKJTJ.01/57 tertanggal 11 maret 2019. Surat tersebut merupakan persetujuan laik fungsi jembatan Siak IV Pekanbaru bagi masyarakat.***[MCR]

Komentar
%d blogger menyukai ini: