Sab 22 Muharram 1441 H, 21 September 2019
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Demo soal kabut asap, mahasiswa Riau tuntut Syamsuar mundur

Demo soal kabut asap, mahasiswa Riau tuntut Syamsuar mundur

Aksi demonstrasi para mahasiswa tuntut perhatian lebih pemerintah soal kabut asap. (Foto: Riau Terkini)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Ratusan mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru, pada Jumat (13/9/2019) siang, menuntut Gubernur Riau Syamsuar mundur dari jabatannya.



Tuntutan ini dilayangkan tak lain karena Syamsuar sebagai kepala daerah sekaligus Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), dianggap telah gagal melaksanakan tugasnya.

“Turun-turun, turunkan Syamsuar. Turunkan Syamsuar sekarang juga,” teriak mahasiswa yang terdiri dari massa HMI, UIN Suska dan BEM Universitas Muhammadyah.

Mahasiswa menilai Syamsuar tidak tanggap dan responsif atas penderitaan yang dialami masyarakat, yakni bencana kabut asap yang telah berlangsung selama beberapa hari belakangan.

Krisis udara segar yang dialami masyarakat seharusnya menjadi prioritas seorang pemimpin, namun Syamsuar justru memilih ke Thailand menghadiri acara pertemuan kerja sama Indonesia- Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang merupakan pertemuan tingkat menteri (PTM).

“Seharusnya, Syamsuar lebih mementingkan masyarakatnya yang sedang sakit karena menghirup asap,” teriak mahasiswa.

Dalam aksi ini, para mahasiswa juga membentangkan poster berbunyi “Hutan Riau bukan terbakar, tetapi dibakar”. Kemudian ada juga “Riau wisata asap”, serta “Riau krisis asap.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: