23 September 2018
Home / Spesial Riau / Kota Pekanbaru / Baru tahap verifikasi, Kota Pekanbaru sudah dinyatakan tak berhak raih adipura

Baru tahap verifikasi, Kota Pekanbaru sudah dinyatakan tak berhak raih adipura

Sampah masih saja menumpuk di jalan-jalan Kota Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kota Pekanbaru dipastikan takkan meraih piala Adipura pada 2018 ini. Jangankan untuk dinilai lebih lanjut, pada fase verifikasi saja sudah dinyatakan gugur oleh tim penilai dari pemerintah pusat.

Hal ini diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Zulfikri, saat ditemui wartawan di Pekanbaru, Selasa (20/3/2018), dengan alasan kriteria pada tahun ini cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.



“Kriteria penilaian yang diberikan pemerintah pusat yang berbeda untuk tahun 2018, di mana pada tahun tahun ini berbagai poin tambahan justru menjadi objek penilaian yang cukup menentukan. Seperti kondisi kebersihan gang-gang kecil hingga masalah sampah yang berada di beberapa titik yang pada tahun lalu justru bukanlah permasalahan berarti,” Zulfikri menjelaskan.

Lebih jauh ia mengaku bahwa hal ini akan menjadi pelajaran berharga bagi Pemerintah Kota Pekanbaru untuk dapat lebih teliti sebelum ada penilaian. Pasalnya dengan gagalnya Kota tersebut dalam tahap verifikasi, otomatis untuk penilaian P1 dan P2 tidak akan dilakukan. Alhasil lagi-lagi Kota Pekanbaru gagal memboyong piala bergensi dibidang kebersihan tersebut.

“Kita ambil hikmahnya. Mungkin selama ini kita teledor,” ucapnya.

Sekadar informasi, Piala Adipura sudah lama tak “singgah” di Kota Bertuah. Terakhir penghargaan sebagai kota terbersih diraih Pekanbaru pada 2014 silam.*** (Antara)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: