Kam 24 Rabiul awal 1441 H, 21 November 2019
Home / Spesial Riau / Kepulauan Meranti / Mahasiswa Kukerta Desa Dedap berikan pelatihan hidroponik pada ibu-ibu PKK

Mahasiswa Kukerta Desa Dedap berikan pelatihan hidroponik pada ibu-ibu PKK

Mahasiswa melakukan pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik pada ibu-ibu PKK desa Dedap. (Foto: istimewa)

Selatpanjang (Riaunews.com) – Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepualauan Meranti memiliki lahan gambut seluas lebih kurang 5 juta hektar. Artinya sebagian besar lahan yang ada di kecamatan tersebut (Pulau Padang) merupakan lahan gambut yang cukup sulit untuk di tanami tumbuhan konsumsi sehari-hari, seperti sayur sayuran.



Melihat kenyataan tersebut, para mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melakukan kuliah kerja nyata (Kukerta), terpicu untuk melakukan pelatihan budidaya menanam dengan memanfaatkan air, alias hidroponik.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh mahasiswa Kukerta Unri di desa tersebut dalam bimbingan Ir. Eddiwan MSc,” kata Ichwan Abdul Ghovar, salah seorang mahasiswa Kukerta Unri sekaligus kordinator desa, kepada Riaunews.com melalui pesan elektronik yang diterima Ahad (18/8/2019).

Kegiatan ini, lanjut Ichwan, sudah dimulai sejak 14 Juli 2019 dengan target ibu-ibu anggota PKK Desa Dedap.

Dijelaskan, hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, sehingga budidaya ini dianggap cocok dengan daerah setempat yang kesulitan mendapatkan air serta tanahnya juga sulit di tanami.

Marlina selaku Ketua PKK Desa Dedap memberi apresiasi atas acara tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, dan berharap warga desa terutama para ibu-ibu termotivasi untuk menanam menggunakan teknik hidroponik,” ungkap Marlina.***

Komentar