Sen 21 Rabiul awal 1441 H, 18 November 2019
Home / Spesial Riau / Ke luar negeri tanpa izin Kepala Badan Penghubung Riau ditegur Gubri

Ke luar negeri tanpa izin Kepala Badan Penghubung Riau ditegur Gubri

Kepala Badan Penghubung Riau Tengku Fawani Delifia (kanan) ditegur Gubernur Riau karena ke luar negeri tanpa izin.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Gubernur Riau memberikan teguran kepada Kepala Badan Penghubung Riau di Jakarta Tengku Fawani Delifia, karena ketahuan pergi ke luar negeri tanpa izin.

Surat peringatan itu diberikan, sebagai tindakan atas ketidakdisplinan dalam mentaati tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Kemudian surat teguran itu juga diberi tembusan kepada Wakil Gubernur Riau.



“Surat teguran sudah dibuat BKD Riau, dan sudah saya tandatangani tadi,” kata Gubernur Riau H Syamsuar, Jumat (16/8/2019).

Menurut orang nomor satu di Riau ini, apa yang dilakukan Kepala Badan Penghubung dengan bepergian ke luar negeri tanpa izin pimpinan jelas melanggar aturan.

Bahkan menurut mantan Bupati Siak ini, sikap Kepala Badan Penghubung tersebut tidak patut dicontoh. Justru sebaliknya, mestinya yang bersangkutan memberikan contoh kepada bawahannya.

Syamsuar kemudian mencontohkan ketika dirinya akan menghadiri acara di Thailand. Sebagai bawahan, wajib minta izin ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Setelah disetujui, barulah bepergian sesuai dengan agenda tujuan yang dilaporkan.

“Jadi pakai surat, bukan secara lisan. Jadi harus ada hitam diatas putih izinnya baru jelas. Tak bisa asal main pergi saja. Ini kan tak patut sebagai contoh. Mestinya ia sebagai pemimpin memberikan contoh yang baik kepada bawahannya,” tegas Syamsuar.

Seperti diketahui, saat melakukan sidak di Kantor Badan Penghubung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta, Jumat (16/8/2019), Wakil Gubernur Riau Edy Nasution menemukan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak masuk kerja tanpa keterangan atau membolos.

Selain itu mantan komandan Korem 031/Wirabima ini, mendapati Kepala Badan Penghubung Pemprov Riau Tengku Fawani Delifia tidak ada di tempat. Informasi yang diterima Edy Nasution Kepala Badan Penghubung Pemprov Riau, pergi ke luar negeri.

Setelah ditelusuri dengan Kepala Badan BKD Riau, ternyata Tengku Fawani Delifia tidak mengajukan izin untuk pergi ke luar negeri. Harusnya, sebelumnya mengajukan izin terlebih dahulu.

“Yang mengeluarkan izin itu BKD dan diketahui oleh kepala daerah (Gubernur dan Wakil Gubernur). Dia (Tengku Fawani Delifia, red) pada tanggal 22 Juli 2019 juga ke luar negeri tanpa izin. Artinya sudah dua kali ke luar negeri tanpa ada izin dan keterangan apapun,” ungkap Edy Nasution.

Edy Nasution menegaskan hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja dan harus ada tindakan tegas. Hal ini sudah dilaporkan Edy Nasution kepada Gubernur Riau, demikian Riauterkini.***

Komentar