22 Agustus 2018
Home / Spesial Riau / Kampar / Puluhan hektar tanah kering di Kampar ditanami padi

Puluhan hektar tanah kering di Kampar ditanami padi

Pelaksanaam penanaman padi di lahan kering di Desa Kemang Indah. (Kredit: istimewa)

Bangkinang (RiauNews.com) – Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kampar kini gencar melaksanakan penanaman padi lahan kering di lahan yang selama ini dianggap kurang produktif, yang merupakan program dari Pemerintah Pusat.



Seperti yang terdapat di Desa Kemang Indah, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, puluhan hektar lahan yang selama ini dibiarkan “tidur” diolah untuk ditanami padi, pada Jumat (20/4/2018).

Penanaman padi di lahan kering ini disaksikan langsung Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP), Dr. Ir Mohammad Takdir Mulyadi, MM, didampingi oleh sejumlah pejabat dari Dinas Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar, dan puluhan penyuluh serta petani Desa Kemang Indah.

Kadis Pertanian Kampar Hendri Dunan, dalam sambutannya menyampaikan akan melaksanakan semaksimal mungkin program dari Pemerintah Pusat. Dalam waktu dekat akan dikumpulkan semua BPP dan penyuluh se-Kabupaten Kampar untuk memberikan arahan terkait program perluasan areal tanam baru (PATB) padi gogo, jagung, dan kedelai (Pajale), termasuk mendata kebun sawit yang berpotensi untuk lokasi PATB.

Sementara itu, Direktur PPHP menyambut gembira atas respon yang baik dari Pemda Riau, khususnya Kampar terkait program PATB. Mantan Kepala BPTP Jambi ini mengajak seluruh stakeholder di Riau untuk mengerjakan dan memaksimalkan program PATB.

“Riau pasti bisa memenuhi target PATB,” imbuh Takdir.

Lokasi yang diprioritaskan pada kegiatan PATB ini adalah lokasi perkebunan yang selama ini dianggap tidak bisa ditanami pajale.

Paket bantuan yang diberikan pemerintah kepada petani dalam program PATB ini adalah benih, pupuk, dan herbisida. ***(rls)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: