Home / Spesial Riau / Kampar / Masyarakat dihimbau waspada, lima pintu air waduk PLTA Kotopanjang dibuka hari ini

Masyarakat dihimbau waspada, lima pintu air waduk PLTA Kotopanjang dibuka hari ini

Pengelola PLTA Koto Panjang membuka pintu air karena tingginya debit air yang masuk.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Tingginya intensitas hujan di hulu waduk, memaksa manajemen PLTA Koto Panjang, Kampar, Riau kembali membuka pintu pelimpah (Spillway Gate) waduk setinggi 30 centimeter (Cm).

Pembukaan lima pintu pelimpah akan dilakukan Senin (4/2/2019) pukul 09.00 WIB pagi ini.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Manajer PLTA Koto Panjang, Frans Boyce Patiharauw, Ahad (3/2/2019). Dia mengatakan dengan dibukanya pintu pelimpahan, maka berdampak terhadap naiknya elevasi air sungai Kampar.

“Kenaikan elevasi sungai Kampar sekitar 30 sampai 60 centimeter. Makanya kita imbau kepada masyarakat yang beraktivitas atau bertempat tinggal di sepanjang sungai Kampar untuk berhati-hati dan waspada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Ahad (3/1/2019) mengaku pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang.

Dengan akan dibukanya pintu PLTA, kata mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini, pihaknya sudah koordinasi dengan BPBD Kampar, agar segera melakukan peringatan dini kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kampar.

“Untuk mengantisipasi terjadinya banjir karena naiknya sungai Kampar, di sini BPBD Kampar yang banyak lebih banyak berperan. Kita harap mereka bisa siaga menghadapi dibukanya pintu pelimpahan PLTA,” harapnya.***

Komentar
%d blogger menyukai ini: