Sabtu, 18 Januari 2020
Home / Spesial Riau / Indragiri Hulu / Warga Kelayang Inhu resah, gajah liar kembali masuk ke pemukiman

Warga Kelayang Inhu resah, gajah liar kembali masuk ke pemukiman

Warga mencoba menghalau gajah liar yang masuk ke pemukiman.

Rengat (Riaunews.com) – Warga Desa Teluk Sejuah, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau dibuat resah dengan munculnya seekor gajah Sumatera ke pemukiman mereka.

Guna menghindari kerusakan tanaman atau timbulnya korban jiwa, warga bersama instansi terkait melakukan pengusiran.



Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar mengatakan, pihaknya bersama pihak Yayasan Tesso Nilo telah turun ke lokasi untuk melakukan penggiringan terhadap satwa di lindungi tersebut.

“Kita melakukan kerja sama dengan masyarakat dan Yayasan Tesso Nilo. Kita harapkan, gajah itu bisa dipindahkan ke habitatnya,” kata Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar, Jumat (11/10/2019).

Hansen menambahkan, gajah ini keluar dari habitatnya karena sedang birahi. Usianya sekitar 18 tahun dan sulit mendapatkan betina.

Dia menjelaskan, ciri-ciri fisik hajah birahi dapat dilihat dari keluarnya minyak pada bagian kening gajah.

Gajah itu keluar dari habitatnya sekitar 20 kilometer. Sampai berita ini diturunkan, proses penggiringan gajah masih terus dilakukan.

Adapun gajah liar memasuki pemukiman hingga perkebunan sawit warga di Riau, sudah berulang kali terjadi. Bahkan, beberapa kali gajah ini masuk dengan kawanannya.***

%d blogger menyukai ini: