Ming 21 Safar 1441 H, 20 Oktober 2019
Home / Spesial Riau / Indragiri Hulu / SPBU di Rengat nyaris meledak

SPBU di Rengat nyaris meledak

Petugas SPBU di Kota Rengat menyemprotkan racun api guna memadamkan api yang sempat membakar minyak tumpah. (Kredit: MCR)

Rengat (RiauNews.com) – Sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di gerbang Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulur, Provinsi Riau, pada Kamis (27/12/2018) sekira pukul 22.00 WIB nyaris meledak dan terbakar.

Namun beruntung api yang sempat menyambar bahan bakar minyak (BBM) dapat segera dipadamkan dengan cepat, berkat kecekatan petugas SPBU lainnya menggunakan racun api.

Namun dari kebakaran SPBU yang berada di Jalan Sultan Rengat ini, dua orang karyawan dan satu siswa magang mengalami luka bakar yang serius.

Adapun para korban adalah Yogi Pernanda (17) pelajar SMKN 1 Rengat warga jalan Narasinga Kelurahan Kambesko Rengat, mengalami luka bakar di kedua kaki, tangan sebelah kanan dan di bagian perut. Masrial (52) warga jalan Danau Raja Kelurahan Kampung Dagang, mengalami luka bakar di kaki sebelah kanan dan Ardi (20 th) mengalami luka ringan.

Informasi yang diperoleh dari pihak Polres Inhu, kejadian bermula sekira pukul 11.00 Wib, saat Edi Hendra, Ahmad, Ardi dan Yogi melakukan pembersihan karat tangki pendam minyak jenis Premium malam hari akan ada minyak yang masuk. Untuk membersihkan tangki pendam tersebut, minyak yang tersisa didalam tangki tersisa lebih kurang 1 ton, dikuras dan dipindahkan ke bejana penampung sementara yang berada diatas tanah.

Proses pembersihan tangki pendam tersebut selesai sekira pukul 22.00 Wib. Sekira pukul 22.05 Wib, kendraan R6 pengangkut minyak jenis Premium milik PT. Pertamina tiba di SPBU dan langsung memindahkan minyak dari tangki mobil ke tangki pendam SPBU menggunakan selang standar.

“Disaat itu, para saksi dan korban berencana melanjutkan pekerjaan dengan memindahkan kembali minyak dari dalam bejana penampung sementara ke dalam tangki pendam SPBU dengan menggunakan pompa,” kata Paur Humas Polres Inhu Bripka Misran.

Mengingat pompa tersebut menggunakan arus listrik, korban Sdr. Yogi mencolokkan cok pompa ke stopkontak yang berada di tiang listrik. Ketika cok pompa dicolokan ke stopkontak, menimbulkan percikan api dan langsung menyambar ke arah rumput karena diperkirakan ada tumpahan minyak bensin. Api dengan cepat menjalar ke arah mainhole SPBU.

Kemudian, Sdr. Edi Hendra langsung lari mengambil racun api dan berusaha memadamkan api agar tidak membesar. Berselang beberapa saat kemudian, api berhasil dipadamkan dan Edi Hendra melihat Korban telah mengalami luka bakar di sebagian anggota tubuhnya dan korban langsung dilarikan ke Klinik Medisra menggunakan kendaraan R4 guna mendapatkan pertolongan.

“Saat ini Polres Inhu sedang melakukan langkah langkah penyelidikan dari kejadian tersebut diatas, guna memastikan penyebab dari kebakaran,” tukas Bripka Misran.***

Sumber: MCR

Komentar