Sabtu, 18 Januari 2020
Home / Spesial Riau / Indragiri Hulu / Ratusan Sekolah di Inhu Belum Terima dana BOS

Ratusan Sekolah di Inhu Belum Terima dana BOS


Rengat (RiauNews.com) – Tinggal lima hari lagi tahun 2018 akan berakhir, namun ternyata masih ada ratusan sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), belum menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan empat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Inhu, Ujang Sudrajad khawatir akan muncul permasalahan di setiap sekolah, jika dana BOS tersebut belum dicairkan. Karena operasional sekolah bergantung pada dana BOS tersebut.

“Kita kawatir pihak sekolah berupaya untuk menutupi dana operasional ini dengan cara melakukan pungutan kepada siswa, tentunya akan menimbulkan masalah baru. Makanya, salah satu jalan agar pihak sekolah terhindar dari permasalahan hendaknya dana BOS dipercepat pencairannya,” sebut Ujang, akhir pekan lalu.

Dia merincikan, jumlah sekolah yang belum menerima dana BOS triwulan keempat sebanyak 379 sekolah. Antara lain, SD negeri dan swasta sebanyak 307 sekolah dan SMP 72 sekolah. Total dana BOS untuk tingkat SD dan SMP ditriwulan empat tahun 2018 ini sebesar Rp 13.076.320.000.

Menurut Ujang, pihaknya tidak dapat berbuat banyak dengan kondisi dana BOS yang belum kunjung cair saat ini. Sebab, penyaluran dana BOS yang bersumber dari APBN itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Riau.

“Di daerah sifatnya hanya menerima dan mempertanggungjawabkan dana BOS yang diterima,” ungkapnya.

Sementara itu, tim dana BOS 2018 Provinsi Riau, Guntur ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, berkas pencairan dana BOS sudah ditandatangani oleh Gubernur Riau.

“Sudah tidak ada kendala, berkas sudah ditandantangi Gubernur dan dalam waktu dekat akan disalurkan ke masing-masing sekolah,” sebutnya. ***

Sumber: MCR

%d blogger menyukai ini: