Sat 17 Rabi Al Thani 1441 H, 14 December 2019
Home / Spesial Riau / Harga tiket pesawat lokal mahal, Gubernur Riau berencana ke Jakarta via negera tetangga

Harga tiket pesawat lokal mahal, Gubernur Riau berencana ke Jakarta via negera tetangga

Gubernur Riau Syamsuar.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Mahalnya harga tiket pesawat rute dalam negeri, membuat Gubernur Riau Syamsuar melontarkan wacana untuk melakukan perjalanan dinas dengan terlebih dahulu transit ke luar negeri, namun tentu saja jika diizinkan Menko Perekonomian.



Kedengaran sedikit aneh, bagaimana penerbangan transit ke luar negeri bisa lebih murah dari pada langsung ke tujuan. Namun memang begitulah kenyataannya.

Baca Juga:

Dilontarkan Gubri, wacana itu dilakukan mengingat lumayan jauh berbedaan antara tiket lokal dan luar negeri, yang justru lebih murah. Apalagi, dalam ketentuan perjalanan dinas sudah diatur nilainya, yang tidak jarang terpaksa menombok akibat mahalnya harga tiket pesawat.

“Perjalanan dinas ASN kan sudah ada pagunya di APBD. Kalau tiket mahal tentu besar lagi nanti anggarannya. Makanya kita mengajukan ke pusat, kalau diizinkan boleh melalui negeri seberang, bisa transit ke Malaysia dan Singapura,” kata Syamsuar, Senin (17/6/2019).

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini mencontohkan, jika dirinya membeli tiket pesawat ke Bangkok transit di Singapura harga tiket hanya Rp2,2 juta. Sementara jika melakukan perjalanan langsung dari Pekanbaru-Jakarta, bisa mencapai Rp6 juta, untuk sekali penerbangan.

Jika ditotalkan biaya yang harus dikeluarkan untuk tiket pulang termasuk operasional selama di kota tujuan, maka akan lebih besar lagi biaya yang harus disiapkan, dalam setiap kali melakukan perjalanan dinas.



“Ini saya tiket ke Bangkok transit di Singapura, dua negara yang dilewati saja hanya Rp2,2 juta, masa ke Jakarta sampai Rp6 juta masih satu negara. Kan tak logis,” keluh Syamsuar.

Gubri berharap hal ini bisa menjadi pertimbangan pemerintah pusat, demi efesiensi anggaran. Kemudian keluhan itu diyakini Syamsuar juga dirasakan semua pihak, akibat tingginya harga tiket pesawat, khususnya penerbangan lokal.***

Komentar