Sen 22 Safar 1441 H, 21 Oktober 2019
Home / Spesial Riau / Gubri tak hadir saat ribuan warga laksanakan Salat Istisqa di halaman kantornya

Gubri tak hadir saat ribuan warga laksanakan Salat Istisqa di halaman kantornya

Pelaksanaan Shalat Istisqa di halaman Kantor Gubernur Riau. (Foto: Riaumandiri)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Diselimuti kabut asap tebal, ribuan umat Islam melaksanakan Salat Istisqa berjamaah di halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu (11/9/2019) pagi. Pelaksanaan salat ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Salat Istisqa ini sebagian besar diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, tim Satgas Karhutla, dan TNI/Polri. Tampak hadir Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Danrem 031 WB, Kapolda Riau.



Pantauan di lapangan, ribuan jamaah yang salat menggunakan baju muslim putih, dan menggunakan masker, sebagai pelindung dari pekatnya kabut asap. Tampak jamaah khusyuk mengikuti Salat Istisqa yang diimami Nazir Karim, yang juga ketua MUI Riau.

Usai pelaksanaan Salat Istisqa dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustaz Saidul Amin. Dalam tausiahnya menegaskan bahwa kabut asap yang terjadi di Riau ini akibat ulah tangan manusia, yang tidak hentinya terjadi di Riau.

“Bencana ini akibat akibat ulah tangan manusia. Kabut asap yang terjadi hari ini diundang oleh manusia, dan mereka tidak peduli dengan akan merusak kehidupan manusia dan kehidupan masa depan. Orang ini tidak memiliki akal sehat, lebih binatang dari binatang,” ujar Ustaz.

“Tidak ada senjata ampuh selain meminta ampun kepada Allah dan meminta diturunkannya hujan,” ajak Ustaz.

Sayangnya, Gubernur Riau Syamsuar, yang beberapa waktu lalu pernah menganjurkan warga melaksanakan Salat Istisqa tidak hadir, karena sedang mengikuti agenda di Thailand.

Ketidakhadiran Gubri, yang juga sebagai Komandan Satgas Karhutla, tidak hanya sekali ini saja. Ia juga tidak hadir saat rapat koordinasi evaluasi karhutla, Selasa kemarin, di Posko Karhutla Lanud Roesmin Noerjadin.

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, membenarkan bahwa Gubernur ada tugas ke Thailand, sehingga tidak bisa mengikuti Salat Istisqa bersama di Kantor Gubernur Riau.

“Ya beliau ke Thailand mengikuti agenda di Thailand,” ujar Wagubri usai Salat Istisqa sebagaimana dilansir Riaumandiri.co.***

Komentar