19 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Dua pabrik kertas pemakai TKA paling banyak di Riau

Dua pabrik kertas pemakai TKA paling banyak di Riau

PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) di Perawang, Kabupaten Siak, salah satu pemakai TKA terbanyak di Riau.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Dua pabrik pulp dan kertas yang berada di Provinsi Riau, merupakan pengguna tenaga kerja asing (TKA) terbanyak di daerah tersebut.

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau hingga saat ini, tercatat 739 TKA yang bekerja di sejumlah perusahaan, antara lain di PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) 275 orang, dan PT Riau Andalan Pulp and Paper juga 275 orang. Sementara selebihnya bekerja di PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).



“Keberadaan Naker asing beberapa negara tersebut masuk ke Riau karena adanya aturan yang membolehkan,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Rasidin Siregar di Pekanbaru, Selasa (1/8/2018).

Rasidin menjelaskan dengan keluarnya Perpres Nomor 20 Tahun 2018, masuknya tenaga kerja asing lebih dipermudah sehingga jumlahnya diprediksi akan terus bertambah.

Baca: Ombudsman RI temukan TKA Cina jadi buruh kasar dan sopir

Sementara itu Sektetaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi membenarkan keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia terutama di Riau tidak bisa lagi dilarang.

Hal ini karena pemerintah pusat telah menyetujui kerja sama internasional, kerjasama regional, di Asean Economic Comunity, di Asia.

“Diperjanjian WTO jelas, dalam beberapa artikel-artikel perjanjian itu membunyikan bahwa liberalisasi itu berjalan,” ujarnya.

Karena itu, dia meminta agar pemerintah pusat harus membatasi bebasnya arus perdagangan internasional dengan aspek-aspek teknis. Karena kalau dari regulasi sudah tidak bisa lagi, sebab pemerintah sudah menyetujui kerja sama internasional.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: