11 Desember 2018
Home / Spesial Riau / Dorong peningkatan produksi padi, Kementan optimalkan penggunaan alsintan

Dorong peningkatan produksi padi, Kementan optimalkan penggunaan alsintan

Diskusi optimalisasi pemanfaatan alsintan di Provinsi Riau yang berlangsung di Dinas Pertanian Kabupaten Siak. (Kredit: Humas)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Kementerian Pertanian terus berupaya mewujudkan visi Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan produksi padi. Untuk itu Kementerian Pertanian telah memfasilitasi Penyediaan alat dan mesin pertanian (alsintan), melalui kegiatan penyaluran bantuan alsintan.



Hal ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan substantif yaitu semakin berkurangnya dan mahalnya upah tenaga kerja pertanian, serta lemahnya permodalan petani untuk mengakses kepemilikan alsintan.

Diharapkan pemanfaatan alsintan dapat optimal dalam mendukung percepatan pengolahan tanah dan penyediaan air irigasi sehingga akan berdampak pada peningkatan produksi dalam kuantitas maupun kualitas secara lebih efektif dan efisien.

“Kegiatan optimalisasi pemanfaatan alsintan yaitu dengan cara memobilisasi semua penanggung jawab alsintan yang telah ditunjuk untuk melakukan pendataan alsintan di wilayah masing-masing,” kata Herlina Tarigan, Penanggungjawab alsintan Pusat untuk Riau, melalui keterangan pers yang diterima Riaunews.com, Jumat (11/5/2018).

Selain itu, Herlina menjelaskan kegiatan ini juga menentukan target tahunan dan target bulanan; mengoptimalkan penggunaan alsintan sehingga mampu membantu meningkatkan produktivitas; menggerakkan seluruhnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan alsintan di Poktan, Gapoktan/UPJA, Brigade Kabupaten/Kota, Korem/Kodim, dan Brigade Provinsi untuk mengoptimalisasi alsintan tingkat kecamatan yang dikoordinasikan dengan Koordinator Penyuluh Pertanian/Kepala UPTD kecamatan.

Pendampingan optimalisasi pemanfaatan alsintan di Provinsi Riau dilaksanakan melalui koordinasi antara Penanggungjawab Alsintan Provinsi Riau, BPTP Riau, dan Dinas TPHBun Provinsi Riau.

Data alsintan di Provinsi Riau tercatat traktor roda dua 1.296 buah, traktor roda empat 121 buah, pompa air 891 buah, combine harvester kecil 191 buah, combine harvester sedang 79 buahn dan combine harvester besar 28 yang tersebar di 12 Kabupaten Kota.

Kontributor: Fahroji STP

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: