Sab 19 Rabiul awal 1441 H, 16 November 2019
Home / Spesial Riau / Bengkalis / Tujuh dosen STAIN Bengkalis di PHK tiba-tiba

Tujuh dosen STAIN Bengkalis di PHK tiba-tiba

STAIN Bengkalis.

Bengkalis (Riaunews.com) – Sebanyak tujuh dosen tetap non pegawai negeri sipil (PNS) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, kaget karena tiba-tiba menerima surat pemutusan hubungan kerja (PHK).

Salah satu dosen yang turut di PHK, Muhammad Hamzah, menyebut bahwa dirinya dan rekan-rekan yang lain merasa telah dizalimi pihak kampus, karena keputusan tersebut dilakukan secara sepihak dan tiba-tiba.



“Kami sangat menyayangkan dan menyesalkan ada kebijakan kampus seperti ini. Dengan dalih anggaran defisit itu, kami merasa menjadi korban dan diberhentikan secara sepihak. Kami bekerja sesuai dengan kontrak kerja dan prosedur. Mengapa kami tiba-tiba di-PHK atau dibebastugaskan,” ungkap Hamzah kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, Jumat (30/8/2019) siang.

Menurut Hamzah, apa yang dilakukan pihak kampus tak dapat diterima karena tanpa dasar yang jelas dan tak prosedural.

Menurut dosen master hukum ini, selain dirinya ada enam orang dosen lainnya yang diberhentikan secara sepihak. Melalui surat yang disampaikan dengan masa berlaku yang sama.

“Kami juga merasa jika alasannya defisit anggaran, cukup aneh karena sampai sekarang belum ada laporan keuangan yang menyatakan defisit,” sebut Hamzah lagi.

Dikutip dari laman Riauterkini.com, kebijakan PHK oleh pihak manajemen kampus terhitung 1 Agustus 2019 dan surat yang diterima oleh kalangan dosen itu tertanggal 6 Agustus 2019 yang lalu.

Sementara itu Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Syamsul Nizar, M.Ag ketika dikonfirmasi membenarkan dirinya telah menandatangani perihal surat PHK kepada sejumlah dosen berbagai bidang studi tersebut.

Kebijakan itu diambil karena anggaran bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mengalami defisit.

“Alasan sesuai dengan surat tersebut. PNBP kami mengalami defisit. Padahal, sumber pembayaran dosen tetap bukan PNS diambil dari sumber PNBP. Tak ada penerimaan dosen tetap bukan PNS yang baru di STAIN,” tegasnya singkat.***

Komentar