Tue 13 Rabi Al Thani 1441 H, 10 December 2019
Home / Spesial Riau / Anggota dewan ini anggap pengunduran UAS merupakan ‘hak vetonya’

Anggota dewan ini anggap pengunduran UAS merupakan ‘hak vetonya’

Ade Agus Hartanto.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Pengunduran diri Ustadz Abdul Somad (UAS) dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, cukup menyedot perhatian masyarakat.

Berbagai komentar bermunculan di media sosial, ada yang menyayangkan namun tak sedikit pula yang mendukung keputusan ustaz kondang asal Bumi Lancang Kuning ini.



Salah satunya dari Ketua Komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto.

Menurut Ade, mundurnya UAS merupakan ‘hak veto’ dirinya sebagai ASN. Hal ini sudah merupakan kemauannya sendiri yang tentunya ada pertimbangan-pertimbangan menyebanbkan dirinya memilih untuk mengundurkan diri.

“Orang yang sudah melakukan apa yang jadi keinginannya tidak bisa kita komentari lagi,” ucap politisi PKB ini, Rabu (16/10/2019).

Dijelaskan Ade, untuk seorang ASN ada beberapa hal yang menyebabkan dirinya berhenti jadi pegawai. Pertama karena meninggal dunia, kedua mengundurkan diri, dan ketiga melakukan tindakan pidana yang menyebabkan dirinya harus dikeluarkan.

“Jadi dari tiga opsi itu, UAS menggunakan hak vetonya,” sebut Agus lagi.

Politisi Dapil Inhu-Kuansing ini menambahkan, pengunduran diri UAS ini suatu hal yang biasa. Banyak juga sebelum UAS pegawai yang lain melakukan hal serupa, tentu dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada di dirinya.

“Mungkin karena kesibukan dirinya dalam berdakwah, dia memutuskan mundur dari ASN. Inikan lebih bagus, sehingga akan fokus dalam satu pekerjaan,” sebutnya lagi. ***

Komentar