Sun 11 Rabi Al Thani 1441 H, 8 December 2019
Home / Spesial Riau / Akhir Oktober ini Tatib DPRD Riau disahkan

Akhir Oktober ini Tatib DPRD Riau disahkan

Anggota DPRD Riau Markarius Anwar.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Kalau tidak ada aral yang melintang, Kamis depan tanggal 31 Oktober 2019 Tata Tertib (Tatib) DPRD Riau akan disahkan.

Salah seorang Anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD Riau, Markarius Anwar saat dikonfirmasi mengatakan saat ini pembahasan sudah memasuki tahap finalisasi. Namun, masih ada pembahasan untuk penyempurnaan yang akan dilakukan secara maraton menjelang pengesahan.



“Kita targetkan Kamis depan sudah disahkan. Jadi akan kita bahas marathon jelang hari H yang memang sebelumnya juga sudah dilakukan pembahasan oleh Panja,” sebut Markarius yang ditemui setelah pelaksanaan rapat internal Pansus, Rabu (23/10/2019).

Dijelaskan politisi PKS ini juga, Tatib yang dibahas ini merupakan penyempurnaan dari Tatib yang sudah ada sebelumnya dari anggota DPRD Riau yang lama.

“Tadi ada sekitar sembilan poin penyempurnaan yang dilakukan dari Tatib lama. Diantaranya mengenai pengaturan mitra kerja di Komisi-Komisi. Sebelumnya ada mitra kerja yang direbutkan dua Komisi yaitu Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup oleh Komisi II dan IV,” sebutnya.

Kemudian juga masalah pengaturan mempermudah kerja anggota Dewan di AKD dengan dibantu tenaga ahli. Ini diatur mengenai pengangkatan dan penentuan tenaga ahli yang diangkat atau dipilih. Disamping itu juga ada pengaturan mengenai mekanisme dalam pengajuan Perda inisiatif dan lain pengaturan yang dilakukan.

“Kita inginnya Tatib ini nanti betul-betul bisa jadi mengatur segala bentuk tata cara kegiatan dari anggota dewan. Sehingga dalam pelaksanaan paripurna yang digelar tidak ada lagi voting-voting atau tidak ada lagi yang tidak sepakat. Karena sudah ada Tatib atau sudah tercakup dalam Tatib yang mengaturnya,” tambah Dapil Siak-Pelalawan ini lagi.***[MCR]

Komentar