23 Oktober 2018
Home / Spesial Riau / Acara balimau di sejumlah lokasi dibatalkan pascaaksi teror di Mapolda Riau

Acara balimau di sejumlah lokasi dibatalkan pascaaksi teror di Mapolda Riau

Persiapan acara Potang Balimau oleh Pemkab Rohul akhirnya dibatalkan menyusul serangan teroris di Mapolda Riau. (Kredit: Riau Terkini)

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sejumlah acara “balimau” yang sudah menjadi tradisi di sejumlah tempat di Provinsi Riau terpaksa dibatalkan, pasca terjadinya serangan teroris ke Mapolda Riau, Rabu (16/5/2018) pagi.

Adapun acara yang dibatalkan seperti Potang Balimau di Pasirpengaraian Kabupaten Rokan Hulu, Balimau Kasai di Kampar dan Petang Magang di Kota Pekanbaru.



Pembatalan sejumlah acara tersebut setelah Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengaku sudah mengeluarkan maklumat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau agar seluruh lapisan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan hingga ke desa.

Sementara itu, Camat Rambah Muhammad Franovandi‎ S.STp. mengakui telah menerima maklumat agar seluruh keramaian yang biasanya dilakukan guna menyambut bulan suci Ramadhan ditiadakan.

“Ini juga bentuk belasungkawa masyarakat Rokan Hulu terhadap aksi teror yang baru terjadi di Kota Pekanbaru. Apalagi korbannya kebetulan anak Rohul,” ucapnya sebagaimana dikutip Riaunews.com dari laman Riau Terkini.

Sebelumnya Pemkab Rohul dan masyarakat setempat sudah mempersiapkan acara Potang Balimau yang dipusatkan di Masjid Raya Kelurahan Pasirpangaraian, Kecamatan Rambah.

Meski dibatalkan, sambung Ovan, pihak kecamatan akan tetap standby di lokasi, sekaligus memberitahukan ke masyarakat bahwa tradisi Potang Bolimau batal dilaksanakan.

“Dan untuk masyarakat tidak dianjurkan untuk turun ke sungai karena debit air sungai juga sedang tinggi. Tapi jika ada masyarakat yang masuk ke sungai itu sudah pribadi,” ujarnya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: