Rab 23 Rabiul awal 1441 H, 20 November 2019
Home / Spesial Riau / 450 orang kloter pertama CJH Pekanbaru tiba di Embarkasi Haji Antara Riau

450 orang kloter pertama CJH Pekanbaru tiba di Embarkasi Haji Antara Riau

Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau di Kota Pekanbaru.

Pekanbaru (RiauNews.com) – Sebanyak 450 orang kelompok terbang (Kloter) pertama calon jamaah haji asal kota Pekanbaru tiba di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau, Jumat (5/7/2019).

Dengan menggunakan bus, calon jamaah haji sampai di Asrama EHA Provinsi Riau sekitar pukul 10.00 WIB. Para jamaah disambut oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019, lalu dilanjutkan pengecekan kondisi kesehatan jamaah, kemudian diinstruksikan untuk beristirahat di kamar masing-masing.



Kepala kesekretariatan PPIH 2019 Provinsi Riau, Rudi Hartono menjelaskan calon jamaah haji tersebut beristirahat terlebih dahulu di EHA Provinsi Riau sebelum melanjutkan perjalanan jalur udara menuju Arab Saudi. Sebelum ke Arab Saudi, pesawat jamaah haji transit terlebih dahulu ke Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga:

“Peserta haji istirahat dulu di EHA Riau, baru nanti terbang ke Batam. Nanti di Batam tinggal transit ganti ke penerbangan internasional tidak seperti dulu lagi menginap di Batam,” jelas Rudi.

Rudi Hartono menambahkan, saat ini semua kebutuhan calon jamaah haji untuk kloter pertama telah dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Menurutnya jika terdapat kekurangan akan menjadi bahan evaluasi bagi panitia dan seluruh instansi yang terlibat kedepannya.

Selanjutnya, bidang penerimaan dan pemberangkatan PPIH 2019, Saman, menambahkan jamaah haji kloter pertama ini akan diberangkatkan pada Sabtu (6/7) pukul 02.00 WIB dini hari yang akan dilepas langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Untuk itu, Saman menyampaikan agar para calon jamaah haji untuk menjaga kondisi fisik maupun psikis sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan dan kembali ke Indonesia, khususnya Riau dengan selamat.

“Panitia PPIH 2019 mengimbau kepada calon jamaah haji untuk menjaga pola makan, tidur yang teratur, ikut apa yang disampaikan panitia. Supaya tidak ada yang sakit dan mengganggu ibadah jamaah,” terangnya.

Saman berharap, adanya pemangkasan jadwal atau rute jamaah pada tahun ini bisa memberikan efek positif bagi kondisi jamaah. Sehingga tidak ada jamaah yang sakit dan kelelahan ketika menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

“Semoga saja tidak ada yang sakit. Dulu dari Pekanbaru menginap dulu di Batam. Sekarang tidak, tinggal ganti pesawat menuju Arab, jadi lebih hemat waktu dan tenaga,” sebutnya.***

Komentar