Sel 16 Safar 1441 H, 15 Oktober 2019
Home / Sains & Teknologi / PlayStation 5 diluncurkan pada 2020, Sony klaim pengguna bakal rasakan sensansi lebih

PlayStation 5 diluncurkan pada 2020, Sony klaim pengguna bakal rasakan sensansi lebih

Tampilan konsol Sony Playstation 5.

Tokyo (Riaunews.com) – Sony memastikan akan mengenalkan konsol gim PlayStation 5 pada musim liburan 2020. Dibandingkan pendahulunya, Sony menjanjikan mendesain ulang controller PS 5.

Lewat blog resminya, Sony mengatakan desain ulang tersebut mencakup sensasi sentuhan (haptics)yang lebih baik. Termasuk suara gemuruh dan getar yang membuat pengguna bisa lebih merasakan apa yang terjadi dalam gim.



“Dengan haptics, Anda akan benar-benar merasakan adanya umpan balik dari gim, misalnya ketika menabrak tembok saat sedang balapan mobil akan terasa jauh berbeda. Anda bahkan bisa merasakan berbagai tekstur ketika berlari di ladang rumput atau lumpur,” tulis presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan dalam sebuah unggahan.

Ryan mengatakan sensasi baru ini untuk memberikan perasaan seakan-akan pemain benar-benar berada di dalam gim yang sedang dimainkannya.

Disamping itu, Sony memprogram ulang resistensi tombol pemicu L2/R2. Perusahaan asal Jepang ini mengatakan nantinya pengguna akan merasakan sensasi sentuhan menggambar busur dan anak panah atau mempercepat laju kendaraan off-road ketika melewati medan berbatu.

Kendati demikian, Sony tidak memberikan informasi lebih detail soal konsol gim terbarunya itu. Termasuk informasi harga yang kemungkinan akan diberikan ketika PlayStation 5 mulai dipasarkan.

Sebelumnya pada April lalu, Sony memberikan bocoran kemunculan konsol gim generasi kelima PlayStation. PS 5 bisa memuat (loading) tampilan lebih cepat, grafis dan suara lebih baik.

Gamespot sebelumnya menuliskan PlayStation 5 akan menyediakan penyimpanan memori SSD dan mendukung PSVR (PlayStation Virtual Reality). Dari sisi spesifikasi, PS5 akan menggunakan cip AMD yang memiliki CPU generasi ketiga Ryzen.

Sejumlah judul gim pada PS4 dikabarkan masih bisa dimainkan pada PS5. Konsol Sony ini pun akan mendukung gim dalam format 8K.

Konsol gim ini akan menjadi pesaing utama Project Scarlett yang merupakan generasi penerus konsol Xbox. Microsoft dikabarkan juga akan meluncurkan Project Scarlett pada musim liburan 2020.***

 

Artikel Asli
Komentar