Sab 22 Muharram 1441 H, 21 September 2019
Home / Sains & Teknologi / Lebih pilih Instagram, Facebook banyak ditinggal pengguna muda

Lebih pilih Instagram, Facebook banyak ditinggal pengguna muda


Jakarta (RiauNews.com) – Anak muda ‘jaman now’, mulai memalingkan muka dari Facebook dan lebih memilih Instagram atau Snapchat dalam berinteraksi di ranah media sosial (medsos). Namun, menurut pengamat medsos, Nukman Luthfie, pengguna dengan rentang usia 35 tahun ke bawah sama sekali tidak meninggalkan Facebook.

“Mereka yang beralih ke Instagram tetap mengaktifkan akun Facebooknya, sehingga aktivitas di Instagram tetap bisa di-share ke Facebook,” katanya yang dilansir laman Okezone, Kamis (22/2/2018).

Sehingga, Facebook tidak kehilangan pengguna terutama kalangan anak muda, walaupun tidak sepenuhnya mengakses Facebook seperti sebelumnya yang hampir setiap hari.



Adapun alasan anak muda beralih dari Facebook, menurut Nukman, karena orang tua juga menggunakan media yang sama, sehingga mereka terganggu dengan comment di setiap aktivitasnya.

“Sementara mayoritas orang tua tidak memeiliki akun di Instagram,” sambungnya.

Sementara para orangtua memilih Facebook dengan alasan kebutuhan dalam berhubungan dengan teman-teman lama ataupun baru. Selain itu para orangtua juga mengaku menggunakan Facebook untuk berbagi cerita keseharian melalui tulisan atau gambar.

Padahal, fitur dari Facebook, Instagram dan Snapchat kini tidak jauh berbeda, contohnya adalah Story. Fitur story yang awalnya dimiliki oleh Snapchat mulai dikembangkan di Instagram, lalu disusul oleh Facebook, fitur yang sama itu tidak membuat anak muda beralih ke Facebook kembali karena sudah nyaman dengan Instagram.

Menariknya, karena Instagram adalah milik Facebook dan kini sedang bertumbuh sangat pesat. Jadi, Facebook akan terus bertumbuh karena memiliki Instagram yang auto share ke Facebook.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: