Rab 17 Safar 1441 H, 16 Oktober 2019
Home / Politik / Pertamina pindah kanotr perjelas jati diri Luhut

Pertamina pindah kanotr perjelas jati diri Luhut

Luhut Binsar Panjaitan.

Jakarta (Riaunews.com) – Pemindahan sementara kantor Pertamina ke gedung Sopo Del terus menuai kritik dari masyarakat. Sebab, gedung itu merupakan milik PT Toba Bara Sejahtra Tbk, yang mayoritas sahamnya dimiliki Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.



Pengamat politik Universitas Negeri Jakarta Ubedillah Badrun menilai Menko Luhut merupakan bagian dari oligarki ekonomi dan politik di Indonesia.

Sehingga, pemindahan kantor pertamina ke kantor Luhut telah menunjukkan jati diri mantan Komandan Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat (Kodiklat TNI AD) itu yang sesungguhnya, yakni bagian dari oligarki.

“Itu adalah bagian untuk memperjelas dominasi oligarki ekonomi dan politik di Indonesia,” katanya dilansir RMOL.co, Jumat (2/8).

Ubedilah mengingatkan, penyakit sebuah politik di sebuah negara ialah ketika oligarki masuk dan menguasai pemerintahan.

Untuk itu, pemindahan kantor perusahaan plat merah yang menangani urusan minyak itu harus terus dikontrol. Sehingga tidak ada kolusi maupun hal-hal lain yang bisa merugikan negara.

“Ketika oligarki ekonomi itu masuk karena politik dan kemudian menguasai politik, maka kemudian yang terjadi adalah politik dibawah kendali kekuatan oligarki,” tandasnya.***[RMOL]

Komentar